Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terbaik di Indonesia, Resta Pendopo Km 456 Tol Semarang-Solo Punya Sky Bridge

Direktur Utama TMJ Denny Chandra Irawan mengatakan, Resta Pendopo Km 456 ini memiliki keunggulan yang tak dimiliki oleh Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area lain yaitu adanya sky bridge.

"Sky bridge ini sebagai penghubung dua rest area di jalur arah Jakarta dan menuju Solo," terang Denny dikutip dari siaran pers, Sabtu (26/06/2021).

Kedua sisi Resta Pendopo Km 456 memiliki fasilitas dan sarana lengkap seperti tempat parkir luas yang dapat menampung 207 kendaraan kecil dan 40 kendaraan besar berupa bus dan truk.

Lalu, 61 toilet pria, 43 toilet wanita, 6 toilet difabel, 2 ruang nursery, dan dilengkapi lebih dari 40 penyewa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan aneka ragam produk kuliner, kerajinan, busana, serta oleh-oleh khas Jawa Tengah.

Lebih dari itu, Resta Pendopo Km 456 Salatiga juga memiliki area terbuka, serta masjid dan musholla yang masing-masing memiliki kapasitas 200 orang dan 110 orang.

Selain sky bridge, rest area ini menyediakan sky deck dengan pemandangan hamparan sawah dan gunung yang bisa dijadikan spot foto Instagramable.

Denny menambahkan, pembangunan rest area seluas 3,3 hektar ini mengusung konsep perpaduan antara arsitektur modern dan tradisional.

Selain itu, konsep pembangunan Resta Pendopo Km 456 juga merangkul para pelaku UMKM di sekitar Semarang, Salatiga, Boyolali, Solo serta kabupaten lainnya di area sekitar jalan tol.

Tujuannya, agar perekonomian di sektor tersebut dapat berputar dan bermanfaat bagi masyarakat.

Resta Pendopo Km 456 Salatiga bersama dengan Yayasan Dana Bakti Astra melakukan tahapan kurasi terhadap calon UMKM.

Mulai dari pengecekan, keunikan, dan keunggulan agar produk yang dijajakan berkualitas dan mempunyai daya tarik bagi pengunjung.

Pengelola rest area ini melakukan kerja sama dengan beberapa instansi seperti Dinas Koperasi Kabupaten Semarang dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng mendapatkan daftar mitra UMKM legendaris untuk mengisi 40 persen lokasi yang tersedia.

Resta Pendopo Km 456 Salatiga telah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai Rest Area Terbaik.

Tempat ini dinilai memiliki kualitas pelayanan dan pengelolaan baik, memenuhi aspek kenyamanan, kerapian, dan kebersihan lingkungan.

"Penghargaan yang diberikan tersebut menjadikan Resta Pendopo Km 456 sebagai primadona TIP terbaik dan destinasi baru di Jawa Tengah," tutup Denny.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/06/26/124511621/terbaik-di-indonesia-resta-pendopo-km-456-tol-semarang-solo-punya-sky

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke