Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Sarinah"-nya Paris Kembali Dibuka Setelah 16 Tahun Direnovasi

Mal yang didirikan sejak tahun 1870 tersebut memiliki lokasi strtategis yakni di jantung kota Paris, mirip dengan Sarinah di Jl MH Thamrin, Jakarta.

Sejak dibuka, La Samaritaine menarik perhatian masyarakat Paris. Namun sayang, pusat perbelanjaan ini harus ditutup pada tahun 2005 karena alasan keamanan.

Renovasi pun dilakukan oleh perusahaan barang mewah, LVMH, yang sebelumnya mengakuisisi mal ikonik tersebut.

Tidak main-main, LVMH ingin mewujudkan proyek ambisiusnya termasuk menambahkan hotel mewah Cheval Blanc menjadi bagian dari La Samaritaine.

Desain La Samaritaine dikenal sangat unik dan bernilai seni tinggi.

Adapun proyek renovasi dipercayakan pada perusahaan arsitek ternama asal Jepang, Sanaa.

Selama 15 tahun terakhir proses renovasinya, melibatkan banyak seniman terampil termasuk pelukis, pematung, hingga perajin besi.

Pihak pengelola bertekad untuk mengembalikan kembali mal ini pada bentuk aslinya. Sebelum berdiri, tempat ini pernah menjadi kompeks kolam renang umum.

Barulah pada tahun 1870 Ernest Cognacq membuka toko besar di Rue du Pont-Neuf, dan diberi nama La Samaritaine.

Secara bertahap, ia berhasil memperoleh properti di bagian utara dengan tujuan mengubah bangunan yang ada menjadi ruang komersial.

Sang pemilik kemudian menugaskan arsitek Perancis, Frantz Jourdain untuk merancang sebuah bangunan dengan atap kaca besar.

Ini akan menjadi salah satu bangunan berdesain Art Nouveau yang paling terkenal di Perancis.

Lukisan besar burung merak yang menghiasi keempat sisi bangunan merupakan salah satu karya paling monumental dari abad ke-19.

Beberapa ornamen asli mal lawas seperti besi tempa dan mosaik huruf, panel batu berlapis kaca, kanopi, dekorasi keramik hingga bentuk interior seperti tangga dan atap kaca tetap dipertahankan.

La Samaritaine sendiri menawarkan rangkaian produk eklektik, mulai dari busana hingga kecantikan.

Merk busana ternama Perancis seperti Rouje, Carel, Maje serta merek kecantikan dari Asia, SK II dipastikan akan membuka gerai di sana.

Setelah tertunda karena pandemi Covid-19 sepanjang tahun lalu, La Samaritaine akan kembali dibuka bagi umum tepatnya pada Rabu, 23 Juni 2021. 

https://www.kompas.com/properti/read/2021/06/22/203000621/-sarinah-nya-paris-kembali-dibuka-setelah-16-tahun-direnovasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke