Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modus Mafia Tanah Hanya Satu: Uang!

"Motif dari mafia tanah ini cuma satu (yaitu) uang," tegas Erwin dalam webinar "Kupas Tuntas Praktek Mafia Tanah", Jumat (12/3/2021).

Erwin menjelaskan, motif para mafia bukan memiliki atau menguasai tanah, mereka bekerja  secara hit and run (ambil dan pergi).

Artinya, setelah para mafia mendapatkan tanah yang diincar, mereka menjual atau menggadaikannya dengan nilai tertentu kemudian pergi.

Para mafia tanah sama sekali tidak berniat untuk mengambil tanah tersebut, melainkan hanya uang.

"Dia sudah modifikasi, dia jual atau gadai baru kabur. Nah, yang bertengkar nanti pembeli dengan pemilik asli," lanjut Erwin.

Fenomena ini sering terjadi saat pembebasan lahan antara oknum panitia dengan penerima yang memalsukan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Menurut Erwin, mafia tanah di Indonesia sangat banyak, salah satunya pemalsuan sertifikat seperti yang dialami oleh Ibunda Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal.

Sejatinya, pemalsuan sertifikat memiliki tiga tingkat yaitu pemalsuan blanko, pencurian blanko asli oleh oknum Badan Pertanahan Nasional (BPN), serta pemalsuan warkah tanah.

Pada pemalsuan blanko, fenomena tersebut pernah terjadi di Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Di mana ada seorang mafia tanah mencetak blanko secara mandiri.

"Tetapi ya, kami kan sering melakukan audit. Loh ini sertifikat kan biasanya ada burung garuda, (biasanya) garuda ke kanan, nah ini ke kiri. Jadi, dia terbalik kepalanya," tutur dia.

Kemudian, ada oknum BPN melakukan pencurian blanko asli dan dia mengetik sendiri sertifikat tersebut. Fenomena ini terjadi di Cianjur, Jawa Barat.

Alhasil, sekilas blanko tersebut asli namun data dari sertifikat tersebut palsu.

Sementara itu, hal yang menimpa ibunda Dino adalah pemalsuan warkah atau berkas pendukung sertifikat.

"Jadi, yang terjadi kemarin itu (ibu Dino) blanko asli, data asli, namun warkahnya yang palsu. Nah, ini semua banyak macam-macamnya," pungkas Erwin.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/03/12/190000321/modus-mafia-tanah-hanya-satu--uang-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke