Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

OCBC NISP Turunkan Suku Bunga Tiga Segmen Kredit, Cek Besarannya!

Ketiga segmen kredit tersebut yakni, kedit ritel, kredit konsumsi KPR, serta kredit konsumsi non-KPR.

"Tiga segmen itu berlaku mulai Selasa (26/1/2021)," ucap Corporate Communication Division Head PT Bank OCBC NISP Tbk Aleta Hanafi mengungkapkan hal itu dalam keterangan persnya, Selasa (26/1/2021).

Aleta menjelaskan, kredit ritel turun menjadi 9,80 persen yang awalnya sebesar 10,00 persen. Kemudian, kredit konsumsi KPR turun sebesar 0,25 persen menjadi 9,50 persen atau sebelumnya 9,75 persen.

Sementara untuk kredit konsumsi non-KPR turun sebanyak 0,8 persen atau menjadi 9,95 persen yang awalnya berkisar 10,75 persen.

Aleta mengatakan, hanya kredit korporasi yang tidak mengalami penurunan atau berada pada angka 9,75 persen.

Sebelumnya, pada Kuartal-III 2020, Bank OCBC NISP mencatat penyaluran KPR sebesar Rp 10,8 triliun.

Angka ini tumbuh sekitar tiga persen dibanding performa periode yang sama tahun 2019, meskipun di tengah perlambatan ekonomi sebagai dampak Pandemi Covid-19.

Capaian itu tak terlepas dari dua produk KPR yang menjadi unggulan tahun 2020 yaitu KPR Kendali dan KPR Easy Start.

Dua produk tersebut bisa diakses dengan besaran cicilan mulai dari Rp 1 juta per bulan, hingga masa tenor 25 tahun.

KPR Kendali merupakan produk gabungan (bundling) antara KPR dan Tabungan.

Keunggulan KPR Kendali antara lain 80 persen dari saldo akhir dari Tabungan akan diperhitungkan untuk meringankan bunga harian KPR Kendali.

Kemudian, pinjaman lunas lebih cepat karena porsi pokok pada angsuran menjadi lebih besar.

Sementara KPR Easy Start diperuntukkan bagi generasi muda yang baru merintis karir ataupun memulai usaha yang kerap disebut first time home buyer (pembeli rumah pertama).

Produk ini diluncurkan sebagai akomodasi terhadap kebutuhan dan potensi gaji generasi muda yang akan naik seiring dengan bertambahnya pengalaman kerja.

Oleh karena itu, produk KPR Easy Start dirancang dengan skema cicilan bertingkat mengikuti pendapatan seiring perkembangan karir.

Adapun keunggulan produk KPR Easy Start sebagai berikut; plafon serentang Rp 50 juta–Rp 2,5 miliar, uang muka atau down payment (DP) mulai dari 10 persen, cicilan mulai Rp 1 juta per bulan, dan tenor 25 tahun.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/01/29/160000821/ocbc-nisp-turunkan-suku-bunga-tiga-segmen-kredit-cek-besarannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke