Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelindo 1 Lepas Kapal Terakhir 2020, Sambut Kapal Perdana 2021

Pelepasan kapal ini dan kapal lainnya mengakhiri capaian positif PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 sepanjang 2020 yang amat menantang, seiring pandemi Covid-19 yang membuat perekonomian Indonesia mengalami resesi.

General Manager TPK Belawan Indra Pamulihan mengatakan, kapal terakhir ini menandai kepercayaan dan kerja sama yang terus meningkat antara Pelindo 1 dan para mitranya.

Dia mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pengguna jasa. 

"Pelindo 1 berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan,” kata Indra dalam keterangan tertulis, usai mengalungkan bunga dan cindera mata kepada nahkoda kapal Meratus Medan 5 Captain Andreas Palalangan, Medan, Kamis (31/12/2020).

Indra menjelaskan, meski pandemi meluluhlantakkan perekonomian, Pelindo 1 tetap mencatat kinerja positif.

Sampai November 2020, Perseroan telah melayani kunjungan kapal dengan total volume angkutan sebesar 145,19 juta Gross Tonnage (GT), meningkat 22,3 persen dibanding November 2019 sebanyak 118,7 juta GT. 

Bongkar muat peti kemas sampai November 2020 mencapai 1,06 juta box, naik 14,3 persen dibanding periode yang sama pada 2019 sebesar 0,93 juta box.

Dalam satuan TEUs, bongkar muat peti kemas mencapai 1,29 juta TEUs, tumbuh 13,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 1,14 juta TEUs.

Indra menambahkan, pemberian apresiasi dilakukan secara rutin setiap pergantian tahun di seluruh cabang pelabuhan berupa pelepasan kapal terakhir yang berlayar dan penyambutan kapal perdana yang bersandar.

Pada Jumat (1/1/2021), hari pertama di 2021, terminal A TPK Belawan menyambut kapal MV Daya Maju pada pukul 08.00 WIB.

Pemberian apresiasi dilakukan Komisaris Pelindo 1 Ahmad Perwira Mulia Tarigan kepada nahkoda kapal Captain Kaung Khant Zaw didampingi Indra Pamulihan. 

Kapal MV Daya Maju berangkat dari Portklang Malaysia dan sandar di TPK Belawan dengan membawa muatan 197 box atau 303 TEUs.

"Apresiasi ini merupakan bentuk terima kasih kepada pengguna jasa yang terus mempercayai Pelindo 1 dalam memberikan pelayanan bongkar muat barang," kata Ahmad. 

Dia mengharapkan, ke depan Pelindo 1 semakin meningkatkan pelayanan dan kerja sama yang selama ini sudah terjalin. 

Apresiasi pelepasan kapal terakhir pada 2020 juga dilakukan di Pelabuhan Belawan kepada kapal MT Sinar Maluku.

Kapal berbendera Indonesia dengan muatan Caustik C Soda ini lepas sandar sekitar pukul 16.30 menuju Merak, Banten.

Di tempat terpisah yaitu Pelabuhan Dumai, kapal terakhir yang lepas sandar adalah kapal Chembulk Virgin Gorda yang bermuatan palm oil sebanyak 6.000 ton.

Terminal B atau terminal domestik TPK Belawan juga memberikan apresiasi pelepasan kapal terakhir kepada KM Spring Mas yang membawa muatan sebanyak 800 box.

Apresiasi penyambutan kapal perdana diberikan kepada KM Meratus Jimbaran yang membawa muatan sebesar 900 box yang sandar di dermaga terminal B TPK Belawan pada pukul 14.00 WIB.

Selain di pelabuhan tersebut, kegiatan juga berlangsung di seluruh cabang Pelindo 1 yakni Pelabuhan Tanjungbalai-Asahan, Tanjung Balaikarimun, Tanjungpinang, Malahayati, Lhokseumawe, Tembilahan, Pekanbaru, Gunung Sitoli, Sibolga, Batam dan pelabuhan lainnya. 

Apresiasi pelepasan kapal terakhir dan penyambutan kapal perdana saat pergantian tahun merupakan bentuk customer service excellence dari Pelindo 1 agar kerja sama dan sinergitas dengan para pengguna jasa menjadi semakin lebih baik.

"Kegiatan ini juga sebagai salah satu momentum untuk meningkatkan kinerja dan semangat dalam menyambut 2021,” kata VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/01/02/220226221/pelindo-1-lepas-kapal-terakhir-2020-sambut-kapal-perdana-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke