Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kementerian PUPR Tanam 176.214 Pohon di Seluruh Area Infrastruktur

Staf Ahli PUPR Bidang Sosial, Budaya, dan Peran Masyarakat Sudhirman mengatakan hal itu dalam sambutannya pada acara penanaman pohon di greenbelt (sabuk hijau) Bendungan Gondang, Jawa Tengah, Sabtu (5/12/2020)

"Sebagai rekapitulasi sementara dapat kami sampaikan, jumlah pohon yang akan dicanangkan untuk ditanam mulai hari ini adalah 176.214 pohon," tegas Sudhirman.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bakti PU ke-75 yang jatuh setiap 3 Desember.

Sudhirman mengatakan, kegiatan penanaman pohon tersebut menindaklanjuti arahan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Pohon yang ditanaman terdiri dari dua jenis yakni, pohon yang memperkuat infrastruktur dan bernilai ekonomis terutama dari buahnya.

Dia melanjutkan, teknis penanaman pohon telah diatur sedemikian rupa dengan memperhatikan kondisi lahan dan area infrastruktur yang akan ditanam, jenis pohon, serta metode penanaman dan pemeliharaan.

Dalam kegiatan pelaksanaannya, kegiatan tersebut mengikutsertakan Ikatan Pensiunan PUPR, Gerakan Nasional Penyelamatan Air, dan komunitas-komunitas binaan di unit organisasi dan balai-balai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Penanaman pohon ini dinilai sebagai komitmen kuat Kementerian PUPR dalam rangka menciptakan pembangunan infrastruktur berkelanjutan ramah lingkungan (environmental friendly).

Dengan pendekatan tersebut, imbuh Sudhirman, fungsi-fungsi pembangunan infrastruktur tetap menjadi prioritas namun tetap memperhatikan kondisi alam di sekitarnya, termasuk kebersihan.

Oleh sebab itu, kegiatan penanaman pohon tersebut diikuti dengan pemetaan yang menunjukkan progres luas tutupan lahan hijau dari waktu ke waktu.

"Insya Allah, keikhlasan dan dedikasi Bapak, Ibu, Saudara akan mempunyai makna penting dalam pembangunan infrastruktur berkelanjutan ramah lingkungan," tutup Sudhirman.

https://www.kompas.com/properti/read/2020/12/05/120604821/kementerian-pupr-tanam-176214-pohon-di-seluruh-area-infrastruktur

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke