Suzuki GSX-R600 dan R750 Bakal Lebih Dahsyat

Kompas.com - 22/08/2014, 16:10 WIB
Suzuki GSX-R750 dan GSX-R600 bakal mendapatkan mesin yang lebih dahsyat. SuzukiSuzuki GSX-R750 dan GSX-R600 bakal mendapatkan mesin yang lebih dahsyat.
|
EditorAris F. Harvenda

California, KompasOtomotif – Suzuki siap memberi penyegaran untuk petarung jalanan di segmen menengah, GSX-R600 dan GSX-R750. Hal ini diketahui setelah Suzuki Motor America mendaftarkan kedua model tersebut dalam dokumen California Air Resources Board (CARB).

Suzuki akan mengganti data emisi dari kedua model. Pendaftaran perubahan itu dilakukan hanya jika produsen akan melakukan perubahan pada spesifikasi mesin. Secara garis besar, angka yang berubah menunjukkan emisi naik sedikit yang menunjukkan tenaga semakin besar.

Angka pastinya adalah hidrokarbon 0,26g per km, atau naik dari 0,24g per km. Tetapi, jika dikombinasikan antara hidrokarbon dan NOx, turun jauh dari 0,36g per km ke 0,32g per km. Karbon monoksida naik, dari 1,0g per km menjadi 3,0g per km. Kendati naik, tetapi standar batas ramah lingkungan untuk karbon monoksida adalah 12g per km. Jadi masih sangat ”bersih”.

Sayang, dokumen itu tidak memberi banyak detail. Hanya dikatakan bahwa antara model 2014 dan 2015 mempunyai peranti pengendali emisi yang sama. Info lain, tidak ada penambahan bobot.

Tebakan sementara atas ubahan tersebut, sepeda motor akan mendapat sistem injeksi baru yang memungkinkan adanya peningkatan tenaga. Suspensi juga diprediksi berubah sedikit. Meski demikian, sasis tidak akan berubah.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar