Android Gingerbread Akhirnya Lampaui Froyo

Kompas.com - 05/11/2011, 13:38 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Sistem operasi Android sedang jadi primadona di pasar smartphone. Meski demikian, yang paling banyak digunakan belum tentu versi terbaru. Terbukti, data terbaru Google di Android Developers menyebutkan bahwa baru November 2011 ini Android 2.3 alias Gingerbread bisa melampaui pengguna Android Froyo (2.2).

Android Gingerbread tercatat sudah didistribusikan ke 44,4 persen pengguna. Sementara  Android Froyo tersalip di angka 40,7 persen pengguna. Android Honeycomb, yang diperuntukkan bagi produk tablet, hanya mencakup 1,8 persen pengguna. Angka yang masih sangat kecil mengingat versi ini baru dirilis Februari 2011 ini.

Data itu adalah berdasarkan perangkat Android yang mengakses Android Market dalam waktu 14 hari hingga 3 November 2011. Google mendistribusikan data ini sebagai rujukan pengembang aplikasi di Android.

Froyo memang berjaya untuk waktu yang cukup lama mengingat ia telah dirilis sejak Mei 2010. Sedangkan Gingerbread dirilis Desember 2010. Gara-garanya, banyak perangkat di pasaran yang sebenarnya sudah siap untuk Gingerbread dirilis hanya dengan Froyo.

Update perangkat-perangkat tersebut ke versi berikutnya pun tak selalu segera muncul. Contohnya, LG Optimus 3D yang baru bulan November 2011 akan memiliki update resmi Gingerbread. Padahal, perangkat ini sudah hadir sejak pertengahan 2011.

Android versi lawas, sebelum Froyo, masih memiliki sekitar 13 persen pengguna. Ini terdiri Eclair (2.1) di angka 10,7 persen, Cupcakes (1.5) 0,9 persen dan Donut (1.6) 1,4 persen.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar