Jajal Android via Televisi

Kompas.com - 21/10/2011, 10:13 WIB
Editorvaksiandra

JAKARTA, KOMPAS.COM- Anda pasti masih ingat Apple TV. Ini adalah sebuah gadget yang mengajak pengguna menikmati layanan dari Apple, khususnya video dan musik hingga bisa dinikmati lewat televisi. Untuk bisa tersambung ke server Apple, dibutuhkan koneksi jaringan. Dimensi perangkat yang merangkap sebagai CPU maupun receiver ini hanya segenggam tangan saja. Namun sayang Apple TV tak sedahsyat iPhone, iPad, ataupun iPod, walaupun merupakan sebuah terobosan yang ditawarkan mendiang Steve Jobs.

Leat platform lain, muncul perangkat serupa namun dikemas dengan ukuran yang lebih besar. Adalah Superspring yang memanfaatkan sistem operasi Android. Istilah tepatnya Android internet TV. Maka, Anda bisa menikmati semua fitur maupun aplikasi Android (perangkat ini memakai versi Froyo) di layar televisi. Tentu lah tak semua TV, perangkat berdimensi 115 x110 x28 mm ini meminta televisi berkualifikasi HDMI sebagai monitornya.

Prinsip kerja perangkat ini mirip komputer saja. Koneksi ke televisi memakai kabel HDMI. Sambungan ke internet bisa melalui dua opsi; Wi-Fi atau kabel ethernet RJ45 seperti yang Anda gunakan di rumah. Sedangkan untuk input teks tetap dibutuhkan sebuah keyboard biasa dengan memanfaatkan koneksi USB. Saat memilih atau menjalankan menu maupun aplikasi, Anda bisa memakai remote control bak mengoperasikan televisi yang telah disediakan sebagai satu paket pembelian. 

Keuntungan yang tak diperoleh dari perangkat ponsel maupun tablet pastinya adalah ketika menikmati video high definition atau main game. Lewat televisi (apalagi yang berlayar lebar) menjadi lebih menyenangkan dan merupakan pengalaman baru. Misalnya memainkan game Angry Birds, Anda bisa menarik katapel dengan menekan dan memainkan remote control. Kira-kira seperti main dengan konsol Wii.

Karena high definition itu pula kualitas audio jauh lebih baik. Apalagi bila Anda telah memakai sound system tambahan di ruang tengah. Begitu halnya saat Anda menonton video klip maupun mendengar audio.

Aplikasi Android yang segudang dapat Anda pilih, umpamanya yang bergenre pendidikan anak. Lewat media televisi Anda bisa mengajarkan matematika atau pengetahuan alam dengan tampilan grafis yang lebih menarik pun interaktif. Maka fungsi televisi tak lagi sekadar sebagai media tonton sinetron belaka.

Jangan lupa bila Anda ingin memamerkan foto, menyimak Facebook bersama-sama, juga meng-up date bisa dilakukan bersama keluarga. 

Perangkat ini menyiapkan memori untuk menyimpan data. Besarnya 2 GB, tapi bisa Anda ekspansi ke kartu SD atau MMC. Jika memakai microSD maka Anda memerlukan converter card. prosesornya sudah 1 GHz.

Superspring membutuhkan pasokan tenaga bisa lewat adaptor yang sudah disediakan. Perangkat ini bisa diperoleh seharga Rp 999.000.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar