Google Wallet Diluncurkan Perdana di Jaringan Sprint

Kompas.com - 20/09/2011, 06:47 WIB
EditorTri Wahono

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Google akhirnya meluncurkan solusi pembayaran lewat telepon dengan layanan Google Wallet yang mulai dapat digunakan Senin (19/9/2011). Dengan Google Wallet, ponsel seseorang bisa menjadi semacam dompet dan pembayaran bisa dilakukan dengan mendekatkan ponsel ke alat bayar di kasir melalui teknologi near field communication (NFC) yang sudah diterapkan di sejumlah smartphone model terbaru.

"Kami telah mengujinya secara intensif dan hari ini kami merilis versi pertama aplikasi di Sprint," tulis Osama Bedier, Vice President of Payments Google di blog resmi perusahaan, Senin. Pengguna smartphone Nexus S 4G yang berlangganan Sprint dapat mencoba layanan tersebut lewat OTA (over the air) update.

Untuk sementara, layanan ini baru mendukung pembayaran dengan kartu kredit Citi Mastercard dan Google Prepaid Card. Khusus untuk pengguna Google Prepaid Card akan mendapatkan bonus 10 dollar AS jika mengaktifkannya pada Google Wallet sampai akhir tahun. Namun, ke depan juga akan didukung Visa, Discover, dan American Express.

"Tujuan kami adalah membuat Anda memasukkan semua pembayaran kartu kredit ke Google Wallet sehingga Anda dapat mengatakan selamat tinggal termasuk kepada dompet tradisional Anda," lanjut Bedier.

Untuk bisa memanfaatkan layanan ini memang membutuhkan smartphone yang mendukung teknologi NFC. Chip NFC diperkenalkan Google pertama kali pada smartphone Android Nexus S yang menggunakan software Android 2.3 atau Gingerbread. Pembayaran juga hanya bisa dilakukan di gerai-gerai yang sudah menggunakan terminal pembayaran NFC dan mendukung Google Wallet. Ingin tahu lebih banyak seperti apa cara kerjanya, lihat videonya.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar