Diancam Bom, Pesawat Pakistan Mendarat di KL

Kompas.com - 08/09/2011, 08:38 WIB
EditorKistyarini

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Sebuah pesawat milik Pakistan International Airlines (PIA) dengan 164 penumpang telah mendarat di bandara Kuala Lumpur setelah mendapat peringatan bom, kata para pejabat Kamis (8/9/2011).

Insiden itu terjadi hanya beberapa menit setelah penerbangan lain PIA menuju Inggris dipaksa untuk mendarat di Istanbul, Turki, karena ada ancaman bom, kata maskapai penerbangan itu.

Penerbangan dijadwalkan dari kota Lahore, Pakistan, ke ibu kota Malaysia mendarat pada pukul 21.24 waktu setempat (14.24 GMT) pada Rabu (7/9/2011), lalu pihak berwenang bandara mengatakan, ancaman bom itu diterima pada saat pesawat masih berada udara.

"Pada pukul 20.45 waktu setempat bandara Malaysia menerima informasi dari Markas Penerbangan Internasional Pakistan mengenai peringatan bom pesawat pada Airbus 313 PK898 penerbangan dari Lahore itu," kata pihak berwenang bandara dalam pernyataannya.

"Penerbangan PK898 aman mendarat pada pukul 21.24 waktu setempat. Maskapai  menyatakan, di pesawat itu terdapat 164 penumpang, tiga kru kokpit dan 10 awak kabin."

Pihak berwenang bandara mengatakan, pesawat itu telah diparkir di sebuah tempat terisolasi di bandara sementara polisi menyelidiki.

Pihak Bandara mengatakan semua penumpang telah meninggalkan pesawat dan ditempatkan di ruang yang aman saat mereka diperiksa.

Dalam insiden sebelumnya, peringatan bom serupa mendorong pesawat PIA dari Lahore ke Manchester untuk mendarat di bandara Ataturk Istanbul, Rabu (7/9/2011).

Peringatan itu datang pada saat pesawat itu terbang di atas ibu kota Sofia, Bulgaria dan menyebabkan kepanikan di antara penumpang, kata kantor berita Turki Anatolia.

Seorang pejabat senior PIA mengkonfirmasi bahwa terdapat dua ancaman bom. "Kami menerima email tentang keberadaan bom pada dua penerbangan PIA itu," kata pejabat itu kepada AFP.

Halaman:

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar