Kompas.com - 07/09/2022, 17:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya mengatakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menyatakan kesiapannya jika akhirnya dipilih menjadi calon presiden (capres) yang diusung Partai Nasdem.

Willy mengatakan, deklarasi untuk mengusung Anies Baswedan sebagai capres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mungkin dilakukan pada momen Hari Pahlawan.

“Kalau kesepakatannya sudah terbangun, ya bisa jadi (deklarasi) 10 November. Ya pasti (siap) lah. kalau enggak mau gimana caranya,” tutur Willy pada wartawan, Rabu (7/9/2022).

Ia menegaskan pihaknya telah berkomunikasi dengan Anies Baswedan terkait kemungkinan pencapresan tersebut.

Namun, keputusan pengusungan belum final karena dinamika politik masih terjadi.

Baca juga: Nasdem Buka Kemungkinan Usung Anies Baswedan sebagai Capres

Pasalnya, Willy menyampaikan Nasdem masih berkomunikasi dengan dua parpol lain soal pengusungan tersebut.

“Ya sejauh ini komunikasi yang dibangun dengan PKS dan Demokrat,” ujar Willy.

Lebih lanjut, Willy tak menampik jika pengumuman bakal capres yang diusung Nasdem nantinya dibarengi dengan deklarasi koalisi bersama PKS dan Partai Demokrat.

“Ya pasti kalau mengumumkan nama sudah cukup sarat lah. Enggak main-main. Tapi itu masih memungkinkan, ini masih terjadi komunikasi, tentu suatu hal yang dinamis. Kita tunggulah,” katanya.

Baca juga: Senyum Andika Perkasa saat Ditanya Masuk Bursa Capres Versi Nasdem...

Diketahui, hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem pertengahan Juni lalu memutuskan tiga figur yang mungkin diusung dalam kontestasi Pilpres 2024.

Selain Anies Baswedan, dua tokoh lainnya adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Namun, Partai Nasdem belum memutuskan siapa figur akhir yang bakal diusung sebagai bakal capres.

Mekanisme itu bergantung pada keputusan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Baca juga: Buka Peluang Koalisi dengan PAN, Nasdem Mengaku Jalin Komunikasi Intensif

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.