Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Beri Trofi untuk Juara MotoGP Indonesia 2023

Kompas.com - 06/10/2023, 05:55 WIB
Ahmad Zilky,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, bakal hadir untuk menyaksikan MotoGP Indonesia 2023.

MotoGP Indonesia 2023 dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 13-15 Oktober 2023.

“Sudah dipastikan Pak Presiden Jokowi akan hadir dan menyaksikan MotoGP di Sirkuit Mandalika,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaluddin Malady, pada Rabu (4/10/2023), dikutip dari Antara News.

Menurut Jamaluddin Malady, Jokowi juga bakal menyerahkan trofi bagi para pebalap yang naik podium di MotoGP Indones 2023.

Baca juga: Jelang MotoGP Indonesia 2023, Barang Logistik Tim MotoGP Tiba

Nantinya, tak hanya Jokowi yang hadir di MotoGP Indonesia. Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju juga bakal mendampingi Jokowi di Sirkuit Mandalika.

“Informasi saat kami rapat bersama di Kemenko Marves, Presiden hadir bersama sejumlah menteri. Hanya saja, siapa saja kami belum tahu,” kata Jamaluddin.

“Kesiapan kehadiran Presiden ini sudah kami bahas di Kemenko Marves dan saat rapat persiapan MotoGP berrsama Polda NTB beberapa hari lalu,” lanjutnya.

Sementara itu Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, mengatakan bahwa persiapan Sirkuit Mandalika untuk menggelar MotoGP Indonesia 2023 sudah nyaris 100 persen.

Baca juga: MotoGP Indonesia 2023, Tanggapan soal Pawang Hujan di Mandalika

“Berbagai persiapan telah dilakukan mulai dari perbaikan lintasan (track), kesiapan marshal, medical centre, fasilitas paddock, grandstand, hingga inner-circuit,” ungkap dia.

MGPA bersama Roadgrip Ltd memang sudah memulai pengecatan ulang kerb dan area run-off Sirkuit Mandalika.

Dari total luas 27.380 meter persegi, pengecetan ulang sudah mencapai kurang lebih 22.00 meter persegi.

Selain itu, sudah dilakukan juga pemasangan sensor untuk area track-limit yang baru sesuai dengan permintaan FIM serta timing system.

MGPA pun telah melakukan pelatihan bagi marshal yang bakal bertugas selama penyelenggaraan MotoGP Indonesia 2023.

Baca juga: MotoGP Mandalika 2023: Event Spektakuler yang Menggerakkan Perekonomian Indonesia

Tercatat, 402 marshal yang 95 persen berasal dari warga lokal telah siap untuk bertugas di MotoGP Indonesia 2023.

GP Indonesia 2023 juga akan bekerja sama dengan RSUD Provinsi NTB. MGPA pun telah menyiapkan peralatan medis seperti ambulans, tim medis berpengalaman, dan fasilitas perawatan darurat.

Sementara di area paddock, MGPA terus berkoordinasi dengan Dorna Sports SL untuk menyiapkan layout dan berbagai fasilitas sebagai pusat operasi bagi tim balap.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com