Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez dan Cedera yang Berpotensi Mengakhiri Kariernya

Kompas.com - 27/04/2023, 22:16 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Marc Marquez menerima fakta bahwa ia tak bisa turun di balapan kandangnya pada MotoGP Spanyol akhir pekan Minggu (30/4/2023). Keputusan ini diambil juara dunia MotoGP enam kali tersebut setelah mendapat masukan dari tiga tim dokter berbeda.

Partisipasi Marc Marquez di balapan yang akan berlangsung di Sirkuit Jerez tersebut sempat mengambang setelah Dorna selaku penyelenggara MotoGP dan tim Repsol Honda beberapa kali mengganti sesi konferensi pers sang rider.

Pada akhirnya, pebalap berusia 30 tahun itu menemui media pada pukul 15.00 sore waktu lokal pada Kamis (27/4/2023) di area Hospitality tim HRC.

Marc Marquez akhirnya mengutarakan bahwa ambisi dia untuk membalap di Jerez harus diredam setelah tiga tim medis bulat mengatakan bahwa dia harus mengambil waktu istirahat lebih lama.

Hal ini untuk membantu pemulihan operasi yang dilakukan di dasar jempolnya pada 27 Maret 2023, seharis setelah ia terjatuh di Portimao.

Baca juga: MotoGP Spanyol 2023: Marquez Absen di Jerez, Honda Panggil Iker Lecuona Jadi Pengganti

Ketika itu, para dokter menganjurkan pria yang telah mengoleksi 59 kemenangan dari 155 balapan di kelas MotoGP tersebut istirahat selama 6-8 pekan.

"GP Spanyol adalah salah satu tanggal paling penting di kalender dan suatu event yang sangat istimewa bagi saya," ujar Marquez seperti dikutip dari Mundo Deportivo.

"Saya awalnya sangat optimistis dan berusaha sekuat tenaga untuk mempercepat rehabilitasi demi GP Spanyol."

"Namun, hasil pindaian tim medis Dr Roger de Ona di Rumah Sakit Ruber Internacional mengatakan bahwa hal ini terlalu berbahaya dan mereka mengonfirmasinya dengan Mayo Clinic serta Red Bull APC (pusat performa atlet grup Red Bull."

"Mereka mengatakan dengan keputusan bulat bahwa terus membalap akan terlalu berbahaya."

Marc Marquez menguji staminanya jelang MotoGP 2023Dok. @marcmarquez93 Marc Marquez menguji staminanya jelang MotoGP 2023

Marquez mengatakan bahwa ada kemungkinan besar dia akan merusak hasil operasi jika memaksakan turun di Jerez, sirkuit di mana ia merasakan tiga kemenangan pada 2014, 2018, dan 2019.

Ia pun mengutarakan setelah gagal membalap, dirinya akan kembali fokus dan berkomitmen menjalani rehabilitasi.

Selain itu, Marquez juga mengutarakan pesan dari para dokter tersebut.

"Risiko terbesar bukan kalau jatuh tetapi tekanan dari handlebar akan merusak hasil operasi," ujar pria yang melakoni debut MotoGP pada 2013 ini.

"Sebenarnya ini retak kecil tetapi area tersebut memberikan stabilitas ke jari jemari dan jempol, jari yang sangat penting terutama dalam mengerem."

Baca juga: MotoGP Amerika 2023: Marc Marquez Absen, Sang Adik Lihat Kans di Atas Penderitaan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com