Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Indonesia Sabet Podium ATC, Merah Putih Berkibar di Mandalika

Kompas.com - 19/03/2022, 20:40 WIB
Faishal Raihan

Penulis

KOMPAS.com - Merah Putih berkibar setelah pebalap Indonesia Reykat Yusuf Fadillah finis ketiga pada race pertama Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) seri kedua, Sabtu (19/3/2022) sore di Sirkuit Mandalika.

Start dari posisi keempat, Reykat terlibat pertatungan sengit di baris terdepan dengan Carter Thompson (Australia) dan Shinya Ezawa (Jepang). 

Ketiga pebalap saling adu manuver. Reykat sempat beberapa kali menempati posisi kedua sebelum akhirnya selesai di urutan ketiga.

Usai balapan, Reykat mengatakan bahwa dirinya berusaha menikmati balapan dan tidak terlalu emosional. 

Baca juga: Jadi Rekan Setim Juara ATC di Moto3 2022, Mario Suryo Aji Bicara soal Rivalitas

"Saya berusaha konsisten tidak terlalu agresif, sehingga saya mampu merebut posisi ketiga," ujar Reykat dalam rilis yang diterima Kompas.com.

"Target saya pada race kedua adalah menjadi juara. Mohon doa dan dukungannya," ucap Reykat menambakan.

Capaian Reykat ini meneruskan tren positif yang sudah ditorehkan para pebalap binaan Astra Honda Motor (AHM) pada seri pertama di Qatar, beberapa waktu lalu. 

Saat itu, Veda Ega Pratama juga mempersembahkan podium ketiga pada balapan kedua. Sayang, Veda tidak tampil pada seri kedua setelah terjatuh pada sesi kualifikasi.

Baca juga: 5 Pebalap Indonesia Tembus 10 Besar di Balapan Penutup ATC Mandalika

Performa cukup baik juga ditunjukkan Aan Riswanto, pebalap asal Bantaeng, Sulawesi Selatan. 

Memulai balap dari posisi kelima, Aan sempat berkali-kali turun posisi. 

Kendati demikian, Aan yang tahun ini menginjak usia 16 tahun tersebut tampil sangat gigih, melakukan overtake satu-persatu pebalap di depannya pada lap terakhir hingga finish di posisi kedelapan.

”Saya start dari baris kedua, dan harus bertarung dengan banyak pebalap hingga akhir. Posisi finish yang tidak mengecewakan, dan saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki posisi di race kedua," ujar Aan.

Baca juga: Hasil Race 2 ATC Mandalika: Furusato Kunci Gelar Juara, 3 Pebalap Indonesia 10 Besar

Sementara itu, dua pebalap binaan Astra Honda lainnya, Muhammad Diandra Trihardika juga tampil menjanjikan. Dirinya mampu bertarung ketat pada dua putaran terakhir. 

Namun sayang, posisinya melorot dan hanya mampu finis ke-13, sedangkan pebalap wildcard Zachry Akbar menunjukkan potensi dengan berjuang dan bertahan di posisi 12 pada akhir balapan.

Race kedua ATC 2022 seri Mandalika akan diselenggarakan Minggu (20/3/2020), mulai pukul 09.00 Wita di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Balapan juga akan berlangsung selama 16 lap, bisa disaksikan secara live stream via channel Youtube dan Facebook Asia Talent Cup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com