Investigasi Baju Balap MotoGP Quartararo: Ritsleting Berfungsi Normal

Kompas.com - 10/06/2021, 10:00 WIB
Rider Yamaha Fabio Quartararo membuka retsleting depan bajunya pada sesi-sesi akhir MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021). MOTOGPRider Yamaha Fabio Quartararo membuka retsleting depan bajunya pada sesi-sesi akhir MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021).
|

KOMPAS.com - Investigasi terhadap baju balap Fabio Quartararo di MotoGP Catalunya 2021 sudah dilakukan. Hasilnya, ritsleting berfungsi normal.

Alpinestars selaku produsen baju balap untuk Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) telah melakukan investigasi awal terhadap kejadian aneh di MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021).

Kala itu, pada lap 21 di sekitar Tikungan 1-3 Sirkuit Barcelona-Catalunya, entah kenapa ritsleting depan baju balap Fabio Quartararo terlihat terbuka.

Quartararo lantas membuang pelindung dada dan menyelesaikan balapan dengan dada terbuka!

Baca juga: Buka Baju di Balapan MotoGP Catalunya, Quartararo Bikin Khawatir Rekan Senegara

Perbuatan sang pebalap asal Perancis melanggar artikel 2.4.5.2 dalam regulasi balapan MotoGP, di mana peralatan pebalap mesti dikenakan secara benar selama aktivitas dalam trek.

Quartararo lantas mendapatkan penalti tambahan tiga detik, setelah sebelumnya sudah terkena hukuman serupa akibat manuver memotong di Tikungan 2.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penalti menyebabkan posisi Quartararo melorot, dari finis di podium ketiga menjadi hanya urutan keenam.

Apa yang sebenarnya terjadi dengan baju balap pebalap 22 tahun kelahiran Nice, Perancis itu?

“Setelah melakukan analisis awal setelah balapan di truk Alpinestars Racing Development yang terletak di paddock MotoGP, tim menyimpulkan baju berfungsi normal dengan ritsleting dan pengencang bekerja sebagaimana mestinya.”

Baca juga: Joan Mir: Lepas Pelindung Dada, Quartararo Bahayakan Pebalap Lain...

“Lebih lanjut, semua komponen baju balap, termasuk Tech-Air Airbag System masih utuh dan berfungsi sepenuhnya,” demikian bunyi pernyataan resmi Alpinestars, penyuplai baju balap Quartararo.

Investigasi kabarnya akan dilanjutkan oleh tim Alpinestars di laboratorium mereka untuk menemukan kesimpulan yang lebih konkret.

Kendati gagal naik podium di MotoGP Catalunya 2021, Quartararo masih berstatus sebagai pimpinan Kejuaran Dunia MotoGP.

Pebalap kelahiran 1999 tersebut mengumpulkan 115 poin. Ia dibayangi oleh sang kompatriot, Johann Zarco (Pramac Racing) via 101 poin.

Jack Miller (Ducati/90 poin), Francesco Bagnaia (Ducati/88), dan Joan Mir (Suzuki Ecstar/78) melengkapi daftar 5 besar klasemen pebalap MotoGP 2021.


Sumber GPone
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X