Gagal Juara Dunia MotoGP bersama Ducati, Dovizioso: Saya Bukan Pecundang!

Kompas.com - 22/11/2020, 19:00 WIB
Andrea Dovizioso saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP) ANDREAS SOLAROAndrea Dovizioso saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

KOMPAS.com - Andrea Dovizioso menegaskan bahwa kegagalannya meraih gelar juara dunia MotoGP bersama Ducati tak lantas membuatnya merasa menjadi seorang pecundang.

Balapan MotoGP Portugal yang akan digelar di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, pada Minggu (22/11/2020) malam WIB akan menjadi penampilan terakhir Andrea Dovizioso bersama Ducati.

Pebalap berkebangsaan Italia itu memutuskan cuti pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.

Dovizioso pun akan berpisah dengan Ducati yang telah ia bela sejak 2013.

Baca juga: Resmi Cuti Musim Depan, Andrea Dovizioso Janji Bakal Kembali ke MotoGP

Selama membela Ducati di pentas MotoGP, Andrea Dovizioso memang tak mampu memberikan gelar juara dunia kepada pabrikan asal Italia tersebut.

Prestasi terbaik Dovizioso bersama Ducati adalah menjadi runner-up dunia pada tiga musim beruntun, dari 2017 hingga 2019.

Pada tiga musim di mana ia menjadi runner-up, Dovizioso mampu memberikan perlawanan kepada jagoan Repsol Honda, Marc Marquez.

"Sayangnya, saya tidak memenangi gelar. Namun, jauh di lubuk hati, saya tidak menganggap diri saya sebagai pecundang," kata Dovizioso dikutip dari GP One.

Baca juga: 8 Tahun bersama Ducati dan Tak Pernah Juara, Andrea Dovizioso Santai

"Karena kami bisa melawan Marquez dan Honda, bersaing pada Kejuaraan setelah melewati banyak musim dalam kesulitan. Saya pikir ini adalah aspek yang penting," imbuh pebalap berusia 34 tahun tersebut.

"Jelas saya ingin meminta maaf karena tidak bisa menjadi juara dunia. Namun, sebagai pribadi dan pebalap, saya telah banyak berkembang selama bertahun-tahun dan itu semua membuat saya antusias," ucap Dovizioso lagi.

Halaman:

Sumber GP One
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X