Kompas.com - 19/10/2020, 14:40 WIB
Joan Mir saat berlaga di MotoGP Le Mans. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP) JEAN-FRANCOIS MONIERJoan Mir saat berlaga di MotoGP Le Mans. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

KOMPAS.com - Pebalap asal Spanyol, Joan Mir, mengakhiri penantian 20 tahun tim Suzuki setelah berhasil memimpin klasemen MotoGP 2020.

Dia berhak memimpin klasemen MotoGP 2020 seusai meraih podium pada Grand Prix (GP) Aragon yang berlangsung di Sirkuit MotorLand, Spanyol, Minggu (18/10/2020) malam WIB.

Pada MotoGP Aragon, Joan Mir menempati peringkat ketiga, di belakang rekan setimnya, Alex Rins, dan pebalap Repsol Honda, Alex Marquez.

Dia memperoleh tambahan 16 poin berkat hasil tersebut.

Saat ini, Joan Mir menduduki puncak klasemen MotoGP dengan koleksi 121 poin.

Baca juga: Klasemen MotoGP Usai GP Aragon 2020 - Quartararo Nirpoin, Joan Mir Kuasai Takhta

Pebalap yang memulai debut di kelas MotoGP pada 2019 itu unggul enam poin atas pesaing terdekatnya, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT).

Adapun Fabio Quartararo menempati peringkat kedua klasemen dengan raihan 115 poin.

Pencapaian Joan Mir yang berhasil memimpin klasemen MotoGP 2020 merupakan sejarah bagi tim Suzuki Ecstar.

Joan Mir menjadi pebalap Suzuki pertama yang memimpin klasemen sejak Kenny Roberts Jr pada 2000.

Artinya, tim yang bermarkas di Kota Hamamatsu, Jepang, itu sudah menunggu 20 tahun untuk memiliki wakil di puncak klasemen MotoGP.

Baca juga: Kata Joan Mir Usai Pimpin Puncak Klasemen MotoGP 2020

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber MotoGP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X