Penyebab Bagnaia Crash di MotoGP Emilia Romagna, Korban Pelindung Visor Helm Quartararo?

Kompas.com - 22/09/2020, 17:00 WIB
Francesco Pecco Bagnaia mengalami crash pada Tikungan 6 saat memimpin MotoGP Emilia Romagna pada Minggu (20/9/2020). MOTOGPFrancesco Pecco Bagnaia mengalami crash pada Tikungan 6 saat memimpin MotoGP Emilia Romagna pada Minggu (20/9/2020).

KOMPAS.com - Francesco Bagnaia mengalami nasib buruk pada MotoGP Emilia Romagna yang digelar di Sirkuit Misano, Italia, Minggu (20/9/2020).

Mengawali lomba dari posisi kelima, Bagnaia sejatinya memiliki peluang besar untuk memenangi MotoGP Emilia Romagna 2020.

Pada lap kelima, Bagnaia berhasil melewati Maverick Vinales untuk mengambil posisi pertama.

Bahkan, rider Pramac Racing itu mampu memprelebar jarak dengan Vinales hingga mencapai 1 detik pada lap ke-10.

Baca juga: MotoGP Emilia Romagna: Sempat Asapi Vinales, Bagnaia Akhiri Balapan dengan Kekecewaan

Namun, ketika sedang memimpin lomba, Bagnaia mengalami crash low side dan kehilangan cengkeraman roda depan di Tikungan 6 saat balapan menyisakan tujuh lap.

Pebalap berusia 23 tahun itu pun harus berhenti balapan karena kerusakan mekanis di motornya.

Seusai balapan MotoGP Emilia Romagna, Bagnaia buka suara soal crash yang ia alami.

Bagnaia meyakini, ia terjatuh karena adanya "kotoran" di lintasan. Kotoran itu kemungkinan besar adalah sisa lapisan plastik transparan (tear-off ) pelindung visor helm milik pebalap lain.

Baca juga: VIDEO - Crash Valentino Rossi dan Muridnya pada MotoGP Emilia Romagna

"Reaksi pertama saya setelah jatuh adalah ingin membawa motor kembali (ke paddock) untuk mengetahui apa yang telah terjadi. Itu adalah kecelakaan yang aneh," ungkap Bagnaia dikutip dari Motorsport, Senin (21/9/2020).

"Saya melihat data dan kecepatan saya sama seperti lap sebelumnya, kemiringan yang sama, gas sama, dan garis (racing line) juga identik," terangnya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X