Kompas.com - 27/08/2020, 17:40 WIB
Pebalap Yamaha, Maverick Vinales, melompat dari motornya pada kecepatan 210 kilometer per jam lebih di Tikungan 1 MotoGP Styria, Minggu (23/8/2020) MOTOGPPebalap Yamaha, Maverick Vinales, melompat dari motornya pada kecepatan 210 kilometer per jam lebih di Tikungan 1 MotoGP Styria, Minggu (23/8/2020)

KOMPAS.com - Seperti biasa setiap ada crash besar di dunia MotoGP, Alpinestars merilis telemetri kecelakaan. Kali ini, penyedia baju pengaman para rider tersebut mengungkap data di balik insiden Maverick Vinales di MotoGP Styria pada Minggu (27/8/2020).

Maverick Vinales melompat dari motornya saat ia melaju dengan kecepatan lebih dari 200 kilometer/jam.

Vinales mengambil tindakan tersebut setelah rem motornya tak berfungsi ketika dirinya mencapai akhir lintasan start/finis di Red Bull Ring, Spielberg, Austria.

Rider tim pabrikan Yamaha tersebut melompat dari motornya langsung ke aspal dan sempat sliding beberapa meter hingga mencapai gravel trap.

Baca juga: Saksikan Detik-detik Vinales Melompat dari Motor, Alex Marquez: Bukan Pemandangan Menyenangkan!

Tanpa penumpang, M1 tunggangannya melaju tanpa henti sebelum menabrak air fence di Tikungan 1 dan terbakar.

Beruntung, Vinales keluar dari kecelakaan ini tanpa cedera berarti. Rider asal Catalunya tersebut bisa jalan dari lokasi kejadian walau ia menabrak aspal dengan keras.

Menurut data yang dirilis oleh Alpinestars, Vinales lompat dari motornya tepat saat tunggangannya berlari 218 km/jam.

Seketika itu juga, airbag yang terdapat di baju pengaman Alpinestars Tech-Air sang rider aktif.

Benturan Vinales dengan aspal mempunyai kekuatan 23,45 gaya gravitasi bumi.

Sebagai pembanding, kerasnya benturan ini masih di bawah kejadian yang menimpa Marc Marquez saat tangannya tertabrak motor sendiri setelah mengalami crash di MotoGP Spanyol pada pekan pertama musim.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X