Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valentino Rossi Ungkap Kelemahan Yamaha Jelang MotoGP Austria 2020

Kompas.com - 15/08/2020, 13:04 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber The Race

KOMPAS.com - Valentino Rossi mengungkapkan satu kelemahan motor YZR-M1 besutan Yamaha menjelang balapan MotoGP Austria yang akan dilangsungkan di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, pada Minggu (16/8/2020).

Valentino Rossi menatap MotoGP Austria 2020 dengan ambisi meraih hasil lebih baik dari yang ia raih di Sirkuit Brno, Republik Ceko.

Pada MotoGP Ceko pekan lalu, Rossi gagal melanjutkan tren podium. Pebalap tim Monster Energy Yamaha itu harus puas finis di urutan kelima.

Seusai meraih hasil kurang maksimal di Brno, Rossi akan beraksi pada GP Austria yang merupakan seri keempat dari rangkaian jadwal MotoGP 2020.

Baca juga: Rossi: Peluang Juara MotoGP Bukan Hanya karena Marc Marquez Cedera

MotoGP Austria selalu menjadi tantangan tersendiri bagi pebalap veteran asal Italia tersebut. Sejak masuk dalam kalender MotoGP pada 2016, Rossi sama sekali belum pernah menjejakkan kakinya di podium.

Prestasi terbaik Rossi pada MotoGP Austria adalah finis di urutan keempat pada 2016 dan 2019.

Menjelang MotoGP Austria 2020, pemilik sembilan gelar juara dunia di semua kelas itu mengakui bahwa karakter Red Bull Ring yang menuntut pebalap memacu motor hingga kecepatan tertinggi memang tidak cocok dengan YZR-M1.

Rossi mengatakan, Red Bull Ring yang memiliki trek lurus dan panjang selalu menghadirkan kesulitan baginya. Ia juga merasa bahwa top speed masih menjadi titik lemah motonya.

Baca juga: Tiba di Spielberg, Valentino Rossi Percaya Diri Hadapi MotoGP Austria 2020

"Top speed selalu menjadi titik lemah bagi kami dan itu sudah berlangsung sejak lama," ungkap Rossi dikutip dari The Race, Sabtu (15/8/2020).

"Di atas kertas, sirkuit ini sulit bagi kami karena memiliki trek lurus dan panjang," ucapnya menambahkan.

"Di grafik kecepatan kami berada di posisi yang rendah. Motor kami punya kekuatan lainnya, tapi kami masih kesulitan dalam hal kecepatan," kata Rossi menjelaskan.

Senada dengan Rossi, Massimo Meregalli selaku Direktur Tim Monster Energy Yamaha juga mengatakan bahwa Red Bull Ring memang bukan trek yang mudah bagi pabrikan asal Jepang tersebut.

Baca juga: Jadwal dan Link Live Streaming MotoGP Austria 2020 Akhir Pekan Ini

"Kami selalu menyukai Spielberg karena ini adalah tempat yang indah. Namun secara tradisional sirkuit ini bukanlah trek yang mudah bagi kami," ujarnya.

"Lintasan sirkuit ini berfokus kepada top speed dan itu bukan kekuatan kami," ucap Meregalli.

Valentino Rossi dan para pebalap lain telah merampungkan sesi latihan bebas pertama (FP1) dan kedua (FP2) MotoGP Austria pada Jumat (14/8/2020).

Pada FP1, Rossi berada di urutan ke-13 dengan catatan waktu 1 menit 24,879 detik. Kemudian pada FP2, ia berada di peringkat ke-9 dengan catatan waktu 1 menit 27,967 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Race
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com