Kecelakaan 26 Kali Gaya Gravitasi yang Menimpa Marc Marquez di Sirkuit Jerez

Kompas.com - 25/07/2020, 22:12 WIB
Marc Marquez terjatuh saat balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020). Dok. Twitter MotoGPMarc Marquez terjatuh saat balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).

KOMPAS.com - Produsen perlengkapan pelindung pengendara MotoGP, Alpinestars, telah merilis data dari sensor baju pengaman Marc Marquez ketika sang juara dunia mengalami kecelakaan highside di Sirkuit Jerez akhir pekan lalu.

Telemetri Alpinestars menunjukkan bahwa sang juara dunia terbang dari motornya selama satu detik penuh dengan airbag di baju pelindung mengembang persis sebelum ia melakukan kontak dengan lintasan.

Benturan dengan tarmac tersebut terjadi dengan daya di atas 20G atau 20 kali gaya gravitasi bumi.

Baca juga: Breaking News, Marc Marquez Bakal Absen di MotoGP Andalusia

Ia lalu sliding di lintasan dan sempat tertabrak motornya sendiri, benturan yang membuat rider berusia 27 tahun itu terbang di gravel.

Benturan dengan roda motor RC21V-nya ini yang membuat humerus lengan kanan Marquez retak sehingga ia harus menjalani operasi di Barcelona pada Selasa (21/7/2020).

Wajar, data mencatat bahwa benturan ini lebih keras ketimbang yang dialami Marquez dengan aspal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Data kecelakaan highside Marc Marquez pada Tikungan 3 balapan MotoGP Spanyol, Minggu (19/7/2020).ALPINESTARS Data kecelakaan highside Marc Marquez pada Tikungan 3 balapan MotoGP Spanyol, Minggu (19/7/2020).

Tabrakan sebesar 26 kali gaya gravitasi bumi merupakan benturan maksimum yang ia alami sepanjang crash tersebut dan membuatnya meluncur lebih jauh ke gravel.

Secara total, crash highside tersebut berlangsung selama 5,3 detik bagi sang juara dunia.

Kecelakaan highside Marc Marquez terjadi di exit Tikungan 3 pada lap ke-22 balapan MotoGP Spanyol pada Minggu (19/7/2020).

Kecelakaan tersebut terjadi pada kecepatan tinggi ketika Marc Marquez tengah bernafsu menyerang posisi podium.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.