Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez Dinyatakan Fit untuk Turun di MotoGP Andalusia

Kompas.com - 23/07/2020, 20:29 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Juara dunia MotoGP, Marc Marquez, dinyatakan fit untuk membalap di MotoGP Andalusia akhir pekan ini hanya tiga hari setelah ia menjalani operasi untuk membenahi lengan kanannya.

Marc Marquez mengalami kecelakaan high side pada lap ke-22 balapan di GP Spanyol akhir pekan lalu.

Ia mengalami cedera serius dengan tangannya mengalami retak di humerus lengan kanan yang disebabkan oleh benturan keras dengan ban motor Honda RC213V yang ia tunggangi saat sang pebalap sliding ke gravel.

Pemeriksaan menunjukkan kalau Marquez tak mengalami kerusakan di saraf radialnya, yang diperlukan untuk mengendalikan pergerakan jari dan tangan.

Pebalap Repsol Honda ini menjalani operasi di Barcelona pada Selasa dan ia dinyatakan fit untuk membalap lagi setelah melakoni tes medis di Sirkuit Jerez pada Kamis (23/7/2020).

Baca juga: MotoGP Andalusia, Video Kedatangan Marc Marquez di Sirkuit Jerez

Marc Marquez diperiksa oleh Dr Xavier Mir dari tim medis MotoGP yang juga menangani operasi sang pebalap di Barcelona.

Besar kemungkinan, Marquez tak akan memaksakan diri untuk tampil pada sesi free practice hari Jumat (24/7/2020) untuk menghindari cedera yang tidak diinginkan.

Selain Marquez, Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Cal Crutchlow (LCR Honda) juga dinyatakan bisa kembali membalap.

Rins mengalami dislokasi tulang bahu, retak tulang, dan kerusakan otot sementara Crutchlow juga menjalani operasi untuk membenahi retak di tangannya.

Sebelumnya, tim Repsol Honda diperkirakan baru bisa kembali balapan pada seri ketiga MotoGP di Sirkuit Brno, Ceko, 9 Agustus 2020.

Tim yang menaungi Marc Marquez, Repsol Honda, pun menyatakan bahwa pihaknya hanya akan mendaftarkan satu pebalap pada MotoGP Andalusia. 

Satu pebalap yang akan didaftarkan pada MotoGP Andalusia ialah Alex Marquez, adik sekaligus rekan setim Marc Marquez di Repsol Honda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com