Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP Spanyol: Bisakah Fabio Quartararo Patahkan Dominasi Marc Marquez?

Kompas.com - 19/07/2020, 15:10 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber GP One

KOMPAS.com - Fabio Quartararo akan memulai balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020), dari posisi terdepan.

Pebalap tim Petronas Yamaha SRT itu berhak menempati pole position MotoGP Spanyol 2020 setelah mencatatkan waktu terbaik pada sesi kualifikasi yang digelar pada Sabtu (18/7/2020).

Quartararo berhasil mencatatkan waktu terbaik 1 menit 36,705 detik pada sesi kualifikasi.

Ia mengungguli Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) yang akan start dari posisi kedua dan Marc Marquez (Repsol Honda) di posisi ketiga.

Setelah tampil kencang pada sesi kualifikasi, kini Quartararo menghadapi tantangan besar saat balapan nanti. Bisakah ia mematahkan dominasi Marc Marquez di Jerez?

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol, Fabio Quartararo Amankan Pole Position

Pada dua musim terakhir, Marquez selalu menjadi raja di Jerez. Total, juara dunia MotoGP enam kali itu telah tiga kali menang di sirkuit berjarak 4,4 kilometer tersebut.

Seusai menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi, Quartararo mengatakan bahwa ia bertekad untuk memenangi GP Spanyol yang merupakan seri pembuka jadwal MotoGP 2020.

"Vinales dan Marquez bisa saja lebih cepat, tapi saya siap bertarung untuk menang," kata Quartararo dikutip dari GP One.

"Sebelumnya, saya hanya berpikir bagaimana finis di depan mereka. Sekarang saya telah mempelajari (motor) YZR-M1 dan berusaha untuk lebih kencang," ucapnya menegaskan.

Pole position di GP Spanyol merupakan yang ketujuh bagi Quartararo sekaligus menjadikannya sebagai pebalap Perancis dengan catatan pole position terbanyak di MotoGP.

Namun, rider berusia 21 tahun itu tak terlalu memikirkan rekor tersebut. Targetnya saat ini adalah memenangi balapan di kelas MotoGP untuk kali pertama.

"Saya senang bisa menjadi pebalap Perancis dengan raihan pole position terbanyak, tapi faktanya saya belum memenangi balapan," tuturnya.

Baca juga: Start Ketiga MotoGP Spanyol, Marc Marquez Akui Keunggulan Yamaha

"Sejak latihan saya telah benyak berkembang, khususnya setelah melakuan sedikit perubahan pada latihan bebas kedua (FP2)," ucapnya menambahkan.

"Sekarang saya mungkin bisa ratusan kali lebih cepat," kata Quartararo dengan penuh percaya diri.

Musim lalu, Fabio Quartararo juga sukses meraih pole position di Jerez.

Namun, Quartararo gagal menyelesaikan balapan setelah mengalami masalah teknis pada tuas gigi motornya saat memasuki Lap 14. Ia pun harus rela melihat Marquez tampil sebagai juara di Jerez.

Kini, Quartararo punya kesempatan untuk membayar hasil buruk musim lalu sekaligus memutus dominasi Marquez di Jerez.

Aksi Fabio Quartararo, Marc Marquez, dan pebalap lainnya bisa disaksikan pada seri perdana MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada Minggu (19/7/2020) mulai pukul 19.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GP One
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com