Meski Seri MotoGP Sudah Berkurang, Rossi Belum Tentu Raih Gelar Ke-10

Kompas.com - 09/06/2020, 22:15 WIB
Valentino Rossi menjalani sesi latihan bebas MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019. AFP/WILLIAM WESTValentino Rossi menjalani sesi latihan bebas MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019.

KOMPAS.com - Mimpi Valentino Rossi ( Monster Energy Yamaha) untuk meraih gelar juara dunia ke-10 diragukan oleh ayahnya sendiri, Graziano Rossi.

Pendapat Graziano ini didasari oleh kemungkinan MotoGP musim 2020 hanya menggelar 12 sampai 13 balapan.

Kemungkinan itu ada karena jadwal MotoGP 2020 sudah kacau karena pandemi virus corona. Sejauh ini, tujuh seri dari 20 yang sudah dibatalkan.

Tujuh seri itu adalah Grand Prix (GP) Qatar, GP Jerman, GP Belanda, GP Finlandia, GP Inggris, GP Australia, dan GP Jepang.

Total 13 seri yang tersisa masih bisa berkurang karena Dorna Sports tidak yakin bisa menggelar balapan MotoGP di luar Eropa saat pandemi virus corona belum berakhir.

Baca juga: Berita MotoGP, Jadwal Balapan di Luar Eropa Ditentukan Selambatnya Akhir Juli

Agar musim 2020 bisa sesuai dengan aturan Kejuaraan Dunia (minimal 13 seri), Dorna Sports kini membuka opsi menyelenggarakan dua balapan sekaligus di satu sirkuit.

Hal itu sudah dilakukan Dorna Sports ketika mengajukan proposal ke Pemerintah Spanyol untuk menggelar dua balapan di Sirkuit Jerez.

Jika diizinkan, MotoGP 2020 akan dibuka di Sirkuit Jerez dengan dua balapan dalam satu pekan pada 19 dan 26 Juli.

Ketika ditanya apakah 13 balapan dalam satu musim akan menguntungkan Rossi, Graziano tidak terlalu yakin.

Baca juga: Kita Harus Berhenti Berpikir Rossi Bisa Raih Gelar Juara Ke-10...

"Saya tidak tahu apakah pengurangan jumlah seri menguntungkan Rossi dalam upaya meraih gelar juara ke-10," kata Graziano dikutip dari situs Tuttomotoriweb, Selasa (9/6/2020).

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X