Resmi, Jadwal MotoGP Jerman, Belanda, dan Finlandia Dibatalkan

Kompas.com - 29/04/2020, 17:34 WIB
Maverick Vinales sedang merayakan keberhasilannya naik podium MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (1/7/2018).
DOK. MOTOGPMaverick Vinales sedang merayakan keberhasilannya naik podium MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (1/7/2018).

KOMPAS.com - Federasi Olahraga Motor Internasional (FIM) telah mengumumkan pembatalan MotoGP Belanda, Jerman, dan Finlandia. Ketiga seri tersebut tak akan muncul apabila Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 kembali bergulir setelah pandemi virus corona beakhir.

Pembatalan MotoGP Finlandia berarti wabah Covid-19 ini telah menunda atau membatalkan 11 seri pertama musim dari tempat mereka di kalendar awal.

Namun, pembatalan MotoGP Jerman, Belanda, dan Finlandia ini menyusul seri pembuka musim, MotoGP Qatar, untuk dibatalkan.

Sebelum ini, 10 seri balapan termasuk di Argentina, Americas, dan Perancis ditunda dengan jadwal mereka akan disesuaikan lagi oleh FIM dan Dorna.

Baca juga: Jadwal MotoGP 2020 Kacau, Marquez Usul Kontrak Pebalap Dibekukan

Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna, mengutarakan bahwa pihaknya sangat sedih dalam mengumumkan pembatalan ketiga balapan ini.

"GP Jerman adalah trek unik dengan sejarah luar baisa dan Kymiring (Finlandia) merupakan venue baru yang siap siap menyambut kembali balapan motor di FInlandia untuk pertama kalinya sejak 1982," tutur Ezpeleta seperti dikutip dari situs resmi MotoGP.

"Sirkuit Assen yang ikonik menjadi satu-satunya venue yang menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Grand Prix setiap tahun, tanpa terputus, sejak Kejuaraan dimulai pada 1949."

Ezpelata lalu mengutarakan bahwa ketiga sirkuit ini akan kembali ke slot mereka semula untuk musim 2021.

Sang CEO mengatakan pekan lalu bahwa ia akan senang apabila Kejuaraan Dunia MotoGp 2020 bisa menyelenggarakan 10 balapan.

Pihaknya juga belum mengeluarkan jadwal MotoGP terbaru di tengah pandemi virus corona yang terus menyerang dunia ini.

Baca juga: Jadwal MotoGP 2020 Mundur Lagi, GP Belanda Dipastikan Ditunda

Beberapa pekan lalu, promotor Sirkuit Assen mengatakan tidak panik oleh pembatalan kalender musim ini dan mereka bakal bertahan dari kesulitan finansial yang disebabkan oleh pembatalan seri MotoGP Belanda tahun ini.

Hal ini karena event tersebut termasuk salah satu yang paling sukses sepanjang pagelaran MotoGP.

"Balapan di Assen selalu sukses, jadi tidak ada kekhawatiran berlebih apabila seri musim ini dibatalkan," tutur pihak promotor Assen tersebut.

Musim lalu, Sirkuit Assen mencatatkan penonton terbanyak dari semua seri balapan lain sepanjang Kejuaraan Dunia MotoGP 2019 dengan 105.000 hadirin.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X