GP Malaysia Belajar dari Penundaan Tiga Perhelatan MotoGP

Kompas.com - 07/04/2020, 09:51 WIB
Danilo Petrucci saat menjalani tes pramusim bersama Ducati di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, 8 Februari 2020. AFP/GETTY IMAGES/MIRCO LAZZARI GPDanilo Petrucci saat menjalani tes pramusim bersama Ducati di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, 8 Februari 2020.

MALAYSIA, KOMPAS.com - Pengelola GP Malaysia (SIC) belajar dari penundaan tiga perhelatan MotoGP oleh pemilik hak balap Dorna Sports.

Baca juga: Bos Ducati Usulkan MotoGP 2020 Digelar di 5 Negara Saja

Laman bernama.com menulis, hari ini, ketiga balap MotoGP yang mengalami penundaan lantaran pandemi corona adalah GP Qatar, GP Spanyol, dan GP Prancis.

MotoGP Qatar 2020 berjalan tanpa digelarnya kelas MotoGP karena wabah virus Corona.. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR MotoGP Qatar 2020 berjalan tanpa digelarnya kelas MotoGP karena wabah virus Corona.. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

CEO SIC Datuk Razlan Razali mengatakan agenda MotoGP di Sirkuit Sepang Malaysia adalah pada November 2020.

Marc Marquez saat latihan bebas GP Spanyol di Sirkuit Jerez, 3 Mei 2019. AFP/GABRIEL BOUYS Marc Marquez saat latihan bebas GP Spanyol di Sirkuit Jerez, 3 Mei 2019.

"Semoga saat itu corona sudah terkendali," tuturnya.

Namun begitu, ikhwal penundaan ketiga GP di atas, kata Razlan, berimbas pada penjualan tiket untuk GP Malaysia.

Pebalap Italia dari tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, memacu motornya pada sesi latihan MotoGP Perancis di Sirkuit Le Mans, Perancis, Sabtu (18/5/2019).AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER Pebalap Italia dari tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, memacu motornya pada sesi latihan MotoGP Perancis di Sirkuit Le Mans, Perancis, Sabtu (18/5/2019).

"Karena adanya pandemi corona, saat ini belum ada penjualan tiket bahkan untuk GP Malaysia," kata Razlan yang mengaku bahwa animo masyarakat menyaksikan balap GP Malaysia dari tahun ke tahun menunjukkan tren positif.

Namun begitu, imbuh Razlan yang juga prinsipan untuk Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT), para sponsor tetap mendampingi SIC di masa-masa sulit seperti ini.

Agustus

Para pebalap dari AHRT berlaga di ARRC 2019 seri perdana di SepangAHM Para pebalap dari AHRT berlaga di ARRC 2019 seri perdana di Sepang

Sementara itu, Razlan juga mengatakan bahwa pihaknya berkomunikasi dengan Dorna Sports setidaknya dua kali seminggu membahas masalah covid-19.

Razali mengatakan, dari diskusi terkininya dengan CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta diperoleh informasi bahwa belum ada rencana menunda perhelatan balap GP Malaysia.

"Hal itu masih tergantung situasi," tutur Razlan Razali.

Razali menekankan, andaikata corona bisa terkendali, balap GP Malaysia bisa dimajukan pada Agustus tahun ini.

Presiden Joko Widodo menjajal motor balap berkapasitas mesin 1000 CC. Hal itu terjadi usai Jokowi bertemu dengan Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna, pemegang lisensi MotoGP, di Istana Bogor, Senin (11/3/2019). KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Joko Widodo menjajal motor balap berkapasitas mesin 1000 CC. Hal itu terjadi usai Jokowi bertemu dengan Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna, pemegang lisensi MotoGP, di Istana Bogor, Senin (11/3/2019).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Bernama
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X