Eks Pebalap MotoGP Pertanyakan Hukuman untuk Andrea Iannone

Kompas.com - 04/04/2020, 16:20 WIB
Andrea Iannone Andrea Iannone

KOMPAS.com - Mantan pebalap MotoGP, Max Biaggi, mempertanyakan keputusan Federasi Motor Internasional (FIM) yang menjatuhkan hukuman 18 bulan kepada Andrea Iannone karena kasus doping.

FIM dalam pernyataan resminya pada Rabu (1/4/2020) menyampaikan bahwa Andrea Iannone dijatuhi sanksi berupa larangan membalap selama 18 bulan.

"Pengadilan Disiplin Internasional FIM menjatuhkan hukuman skorsing 18 bulan kepada pebalap MotoGP Andrea Iannone. Tuan Iannone dinyatakan positif menggunakan zat yang dilarang Badan Anti- Doping Dunia (WADA)," bunyi keterangan resmi FIM.

Hukuman untuk Iannone akan diberlakukan pada semua kompetisi balap motor di bawah naungan FIM terhitung mulai 17 Desember 2019 sampai 16 Juni 2021.

Baca juga: Kasus Doping, Andrea Iannone Dilarang Balapan 18 Bulan

Pebalap tim Aprilia itu seharusnya dihukum empat tahun. Namun, setelah melakukan banding, hukuman diringankan menjadi 18 bulan.

Hukuman 18 bulan yang diterima Iannone tak luput dari perhatian Max Biaggi.

Biaggi mempertanyakan keputusan FIM yang menjatuhkan sanksi selama 18 bulan untuk Iannone.

"Ada kesadaran bahwa itu tidak disengaja, bagaimanapun, dia (Iannone) dihukum," kata Biaggi dikutip dari Crash.

"Itu terlihat seperti sebuah kontradiksi, sesuatu yang tidak jelas. Dia secara praktis dibebaskan, tetapi juga dihukum," kata Biaggi menambahkan.

Baca juga: Respons Aprilia MotoGP soal Hukuman 18 Bulan Andrea Iannone

"Saya tidak berpikir akan berakhir seperti ini. Kita mungkin perlu mengklarifikasi keputusan itu ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS)," imbuh mantan pebalap Honda dan Yamaha tersebut.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Crash
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X