MotoGP Belum Digelar Bisa Bikin Marc Marquez dkk Gagal Gajian

Kompas.com - 21/03/2020, 18:20 WIB
Sirkuit Estoril pernah menjadi tuan rumah MotoGP 2000-2012.  AFP PHOTO / JAVIER SORIANO (Photo by JAVIER SORIANO / AFP) JAVIER SORIANOSirkuit Estoril pernah menjadi tuan rumah MotoGP 2000-2012. AFP PHOTO / JAVIER SORIANO (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

KOMPAS.com - Gelaran MotoGP tahun 2020 sama sekali belum tersaji akibat penyebaran virus corona.

Tercatat sudah ada satu agenda balap MotoGP yang batal digelar, yakni seri perdana MotoGP 2020 di Sirkuit Losail, Qatar pada 8 Maret 2020.

Meski dibatalkan, Moto2 dan Moto3 masih digelar di Qatar sesuai jadwal.

Belum berhenti di situ, jadwal MotoGP 2020 berantakan lantaran makin meluasnya wabah virus corona ke banyak negara di dunia.

Hasilnya, seri MotoGP Thailand ditunda ke akhir tahun. Sebelumnya, Negeri Gajah Putih menjadi lokasi seri kedua balap motor paling bergengsi tersebut pada 22 Maret 2020.

Baca juga: Perhitungan Jadwal Pebalap MotoGP Uji Coba Sirkuit Mandalika

Namun, seluruh balapan di semua kelas di Thailand akhirnya diputuskan digeser ke 4 Oktober 2020.

Melansir dari GPOne, mantan pebalap Fausto Gresini menyebut tim balap ibarat sebuah perusahaan. Artinya, jika tidak ada balapan, maka tidak ada yang bekerja.

Prinsipal tim Honda, Livio Suppo, juga megatakan hal senada terkait masalah bisni di dalam MotoGP akibat wabah Covid-19.

"Kontrak untuk para sponsor dan pebalap mengandung berbagai klausa yang berhubungan dengan keadaan darurat atau force majeur," ujar Suppo.

Baca juga: Seperti Sepak Bola, MotoGP Harus Bisa Bangkit dari Pandemi Virus Corona

Dia menambahkan, jika MotoGP dibatalkan, para sponsor tidak diwajibkan untuk membayar. Dengan kata lain, pebalap pun juga tidak akan menerima bayaran.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber gpone
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X