Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanggapan Quartararo Soal Keputusan Marc Marquez Mundur dari MotoGP 2022

KOMPAS.com - Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, turut mengomentari keputusan Marc Marquez (Repsol Honda) mundur dari MotoGP 2022.

Keputusan itu disampaikan Marc Marquez bersama bos Repsol Honda, Alberto Puig, seusai Kualifikasi MotoGP Italia 2022 pada Sabtu (28/5/2022) malam WIB.

Marc Marquez memutuskan mundur dari MotoGP 2022 karena akan menjalani operasi tulang lengan kanan di Amerika Serikat pada Selasa (31/5/2022) waktu setempat.

"Sayangnya, saya harus istirahat dari MotoGP 2022. Setelah berbulan-bulan bekerja keras dengan tim medis baru saya di Madrid, kondisi fisik saya sebenarnya terus membaik," kata Marquez dikutip dari Repsol Honda.

"Namun, saya masih memiliki keterbatasan pada tulang humerus. Oleh karena itu, bersama dengan tim medis, saya memutuskan melakukan operasi baru," ujar Marquez menambahkan. 

Menanggapi keputusan Marc Marquez, Fabio Quartararo langsung memberi pesan dukungan.

Fabio Quartararo berharap Marc Marquez bisa segera pulih dan kembali bersaing di MotoGP. 

"Saya selalu mengatakan bahwa Marc Marquez adalah pebalap MotoGP terbaik dalam sepuluh tahun terakhir," kata Quartararo dikutip dari Motosan.es.

"Dua tahun terakhir sangat berat bagi Marquez. Setelah comeback musim lalu, Marquez berhasil memenangi tiga balapan. Tentu itu tidak mudah dalam kondisinya," ujar Quartararo. 

"Itu (kembali naik meja operasi) adalah keputusan Marquez. Saya tentu mendukung keputusannya," ucap Quartararo.

"Saya berharap dia pulih secepat mungkin. Saya berharap bisa kembali bersaing dengan Marquez seperti yang kami lakukan pada 2019," tutur pebalap asal Perancis itu menambahkan.

Musim 2019 memang menjadi tahun terakhir Marc Marquez berhasil menyelesaikan Kejuaraan Dunia MotoGP tanpa cedera.

Marc Marquez kala itu berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP 2019 setelah memenangi 12 dari total 19 balapan.

Petaka kemudian menghampiri Marc Marquez pada awal musim 2020.

Marc Marquez mengalami kecelakaan highside pada MotoGP Spanyol yang merupakan balapan pembuka Kejuaraan Dunia MotoGP 2020.

Kecelakaan itulah yang membuat Marc Marquez mengalami cedera patah tulang lengan kanan.

Cedera itu membuat Marc Marquez harus absen sampai akhir musim 2020 dan menjalani tiga operasi pada Juli, Agustus, dan Desember.

Setelah absen selama lebih dari enam bulan, Marc Marquez kemudian comeback ke lintasan pada 18 April 2021 untuk mengikuti MotoGP Portugal 2021.

Sejak saat itu, Marc Marquez berhasil menyelesaikan delapan balapan dan meraih tiga kemenangan hingga menjelang akhir Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.

Marquez kemudian kembali mengalami kecelakaan pada November 2021 ketika berlatih motorcross di kampung halamannya, Spanyol.

Kecelakaan itu tidak hanya memengaruhi cedera retak tulang lengan kanan Marquez melainkan juga membuat diplopia sang pebalap kambuh.

Diplopia adalah masalah kesehatan mata yang membuat seseorang melihat dua bayangan dari objek yang sama.

Akibat masalah itu, Marc Marquez harus kembali masuk ruang perawatan dan terpaksa absen pada dua seri terakhir Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.

Tahun ini, Marc Marquez terlihat sudah mulai pulih ketika berhasil finis di urutan kelima pada seri pertama MotoGP 2022 di Qatar.

Marc Marquez kemudian mengalami kemunduran lagi setelah empat kali mengalami crash di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 

Empat kecelakaan itu membuat Marc Marquez harus absen pada MotoGP Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022.

Marc Marquez kemudian harus kembali menjalani perawatan di Spanyol karena diplopia-nya kambuh setelah pulang dari Indonesia.

The Baby Alien, julukan Marc Marquez, pada akhirnya memutuskan kembali menjalani operasi lengan seusai menyelesaikan MotoGP Italia 2022, Minggu (29/5/2022) malam WIB.

Sejak pertama kali mengalami cedera patah tulang lengan kanan, Marc Marquez hanya mampu menyelesaikan 15 balapan dalam tiga tahun terakhir.

Terkini, Marc Marquez harus puas dengan raihan enam poin setelah finis di urutan ke-10 pada MotoGP Italia 2022.

https://www.kompas.com/motogp/read/2022/05/30/17200008/tanggapan-quartararo-soal-keputusan-marc-marquez-mundur-dari-motogp-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke