Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lupakan Qatar, Quartararo Yakin Bisa Bersaing di MotoGP Mandalika

KOMPAS.com - Juara dunia MotoGP 2021, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), optimistis mampu bersaing pada Pertamania Grand Prix of Indonesia akhir pekan ini.

MotoGP Indonesia atau MotoGP Mandalika merupakan seri kedua Kejuaraan Dunia 2022 yang dijadwalkan berlangsung pada Jumat (18/3/2022) hingga Minggu (20/3022).

Sebelumnya, Fabio Quartararo dan 23 pebalap lainnya sudah menyelesaikan seri pertama, MotoGP Qatar 2022, pada awal Maret lalu.

Quartararo yang sering mengeluhkan kecepatan motor Yamaha YZR-M1 2022 miliknya kala itu kesulitan bersaing di Sirkuit Internasional Lusail Qatar.

El Diablo, julukan Quartararo, harus puas dengan raihan tujuh poin setelah finis di urutan ke-9 pada MotoGP Qatar 2022.

Hasil itu tentu mengecewakan bagi Quartararo. Sebab, Quartararo tampil apik pada dua balapan di Sirkuit Internasional Lusail musim lalu.

Pada MotoGP Qatar 2021, Quartararo sukses menempati peringkat kelima. Quartararo kemudian berhasil naik podium juara MotoGP Doha 2021.

Terkini, Quartararo mengaku sudah melupakan hasil buruk MotoGP Qatar 202.

Pebalap asal Perancis itu sangat percaya diri bisa bersaing di Pertamina Mandalika International Street Circuit akhir pekan ini.

"Saya merasa baik dan siap untuk balapan lagi di Mandalika. Kami melakukan pekerjaan yang baik di Mandalika saat tes pramsuim kemarin," kata Quartararo dikutip dari Speedweek.

"Kecepatan kami bagus di Mandalika. Namun, saya tahu para pesaing kami juga kuat. Saya tidak ingin lagi memikirkan apa yang terjadi di Qatar, ujar Quartararo.

"Sebab, saya tahu kami memiliki bekal bagus untuk menghadapi balapan akhir pekan ini," tutur Quartararo.

"Selama tes pramusim kemarin, kami telah membuat banyak kemajuan. Kam memiliki pemahaman yang baik untuk memaksimalkan potensi motor di Mandalika," ucap Quartararo.

"Saya akan fokus 100 persen untuk mendapatkan hasil terbaik di Mandalika," tutur pebalap berusia 22 tahun itu menambahkan.

Quartararo memang menjadi salah satu pebalap yang paling menonjol pada tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika pertengahan Februari lalu.

Selama tiga hari tes pramusim di Mandalika, Quartararo tercatat melahap total 228 lap.

Hasilnya, Quartararo tidak pernah terlempar dari lima besar.

Quartararo bahkan menempati peringkat kedua hasil gabungan tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika.

Waktu lap terbaik Quartararo di Sirkuit Mandalika saat tes pramusim menyentuh 1 menit 31,074 detik.

Quartararo hanya terpaut 0,014 detik dari Pol Espargaro (Repsol Honda) yang keluar sebagai pebalap tercepat tes pramusim di Mandalika.

Terdekat, Quartararo akan bersiap mengikuti sesi latihan bebas atau free practice (FP) pertama dan kedua MotoGP Indonesia pada Jumat (18/3/2022).

Adapun balapan MotoGP Indonesia 2022 dijadwalkan berlangsung selama 27 lap pada Minggu (20/3/2022) mulai pukul 14.00 WITA atau 15.00 WIB.

https://www.kompas.com/motogp/read/2022/03/17/16000028/lupakan-qatar-quartararo-yakin-bisa-bersaing-di-motogp-mandalika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke