Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
[BEGINU G20 E1]: Retno Marsudi, Hidup Sederhana, dan Peran-peran Indonesia Bikin Jembatan di G20
06/01/2022, 20:00 WIB

Mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger" di KTT 2022, Retno Marsudi menekankan bahwa Indonesia termotivasi menjadi jembatan bagi negara-negara G-20 agar dapat memulihkan tidak hanya ekonomi dan kesehatan dalam pandemi, tetapi juga menjunjung inklusifitas demi menghapus kesenjangan antara negara maju dan negara berkembang. G-20 merepresentasikan lebih dari 60% populasi dunia, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia


Kepercayaan yang didapat melalui transparansi proses menjadi kunci yang penting untuk membangun kerja sama antarnegara. Meskipun tidak mudah memfasilitasi 20 ego yang berbeda, membangun jembatan dengan memberikan platform agar setiap pihak memiliki ownership dan role sejak awal dapat memudahkan pengambilan solusi bersama.


Menurut Retno, dalam mendapatkan kepercayaan di mata dunia Indonesia harus menunjukkan bahwa sebagai negara berkembang kita juga cukup mampu dalam menanggulangi wabah pandemi. Contohnya, berkat vaksinasi dan protokol kesehatan. Dengan didapatnya kepercayaan di mata dunia, banyak hal baik lain yang akan didapat oleh Indonesia. 


Apa saja yang telah disiapkan Indonesia untuk menjadi tuan rumah KTT 2022? Simak obrolan lengkapnya di Beginu hanya di Youtube Kompas.com!

bit.ly/BeginuRetno


Kepoin juga @beginu, ya!

#bukanbeginibukanbegitu

#BeginuRetno

#beginuG20

#beginu


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads