Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jelang KTT G20, Jokowi dan Biden Bertemu Harapkan Kerja Sama Pemulihan Ekonomi Global
14/11/2022, 14:13 WIB
Jelang KTT G20, Jokowi dan Biden Bertemu Harapkan Kerja Sama Pemulihan Ekonomi Global
BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN/LAILY RACHEV Pertemuan bilateral Presiden Indonesia Joko Widodo dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11/2022, jelang penyelenggaraan KTT G20 Bali pada 15-16 November 2022.

NUSA DUA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menjelang KTT G20 di Bali, Senin (14/11/2022).

Jokowi dan Biden bertemu secara tatap muka sehari sebelum KTT G20 Indonesia digelar pada Selasa (15/11/2022).

Pertemuan Jokowi dan Biden berlangsung di The Apurva Kempinski Bali.

Baca juga: Biden Disebut Inginkan 2 Perkara Ini dari Pertemuan dengan Xi Jinping di Bali

Kepada Biden, Jokowi menyampaikan apresiasi yang tinggi dan menghargai kehadiran Presiden AS berusia 79 tahun itu dalam KTT G20.

“Selamat datang di Bali. Selamat datang di Indonesia,” kata Jokowi kepada Biden dalam siaran yang ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi berharap, KTT G20 dapat menghasilkan kerja sama konkret yang dapat membantu dunia dalam pemulihan ekonomi global.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi juga menyampaikan isu lain yaitu pentingnya kerja sama Indo-Pacific Economic Framework (IPEF). Indonesia berkomitmen untuk memberikan dukungan dan berpratisipasi penuh pada IPEF.

“Bagi Indonesia, kerja sama konkret selalu menjadi acuan. Saya akan tugaskan Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia untuk terus menindaklanjuti kerja sama IPEF ini,” ujar Jokowi, dikutip dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Jokowi menambahkan, sebagai Ketua ASEAN, tahun depan Indonesia akan mengadakan Indo-Pacific Infrastructure Forum yang merupakan salah satu implementasi konsep ASEAN Outlook on the Indo Pacific (AOIP).

“Saya sangat berharap AS dapat berpartisipasi dalam forum tersebut sebagai wujud dukungan AS terhadap AOIP,” jelas Jokowi.

Baca juga:

Sementara itu, Biden juga menyampaikan terima kasih atas keramahtamahan Indonesia dan telah meminta AS untuk datang ke KTT G20.

Biden menyebut Indonesia sebagai teman yang baik. "Senang bertemu dengan Anda kembali," ujar Biden.

"Sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, kita bekerja sama mengembalikan tatanan dunia," lanjutnya.

Lebih lanjut Biden menyampaikan, dirinya berharap Indonesia dan AS dapat menjalin kemitraan baru yang lebih baik, termasuk mengembangkan energi listrik terbarukan demi masa depan yang lebih baik.

Biden termasuk satu dari 17 kepala anggota G20 yang hadir. Dari 19 negara anggota plus Uni Eropa, hanya Presiden Rusia, Meksiko, Brasil, yang tidak datang. Ketiga negara tersebut diwakili menteri luar negeri.

KTT G20 Indonesia digelar pada Selasa (15/11/2022) hingga Rabu (16/11/2022). Indonesia memegang presidensi tahun ini, selanjutnya akan dilanjutkan India pada 2023.

Baca juga: G20: Daftar Negara, Sejarah Singkat, dan Presidensi Tiap Tahun


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads