Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Dokumenter Led Zeppelin Becoming Led Zeppelin Akhirnya Siap Rilis di Bioskop

Kompas.com - 17/05/2024, 13:07 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Film dokumenter band Led Zeppelin yang telah lama ditunggu-tunggu, yang berjudul Becoming Led Zeppelin, akhirnya siap dirilis di bioskop.

Film resmi yang pertama kali diumumkan pada tahun 2019 ini telah diakuisisi untuk dirilis oleh Sony Classics Pictures di sejumlah negara termasuk Amerika Utara, Amerika Latin, Asia Tenggara (kecuali Jepang) dan Timur Tengah.

Namun, tanggal rilis resmi untuk film dokumenter ini belum diumumkan. Versi kasar dari film tersebut ditayangkan perdana di Festival Film Venesia pada September 2021 tetapi belum pernah ditayangkan lagi sejak saat itu.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Tea for One - Led Zeppelin

Menurut Variety, film tersebut telah ditambah dengan cuplikan tambahan sejak versi “pekerjaan dalam proses” diputar di Venesia dengan potongan “sekarang selesai” yang menampilkan “campuran suara baru (dan) materi yang baru digali dari arsip keempatnya. anggota band.”

“Kami telah menghabiskan waktu bertahun-tahun merancang film ini agar dapat dinikmati di layar lebar dengan suara terbaik,” kata sutradara Bernard MacMahon dalam sebuah pernyataan kepada Variety, dikutip Jumat (17/5/2024).

Produser/penulis bersama Allison McGourty menambahkan: “Sony Pictures Classics adalah mitra yang sempurna karena mereka benar-benar percaya pada pengalaman teater dan bersemangat untuk memberikan kesempatan kepada jutaan penggemar Led Zeppelin untuk melihat dan mendengarkan mereka di layar dan suara terhebat. sistem di dunia.”

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Carouselambra - Led Zeppelin

Film dokumenter ini menampilkan wawancara baru dengan personel Led Zeppelin, yakni Jimmy Page (gitar), John Paul Jones (bas) dan Robert Plant (vokal), serta wawancara arsip langka dengan mendiang John Bonham (drum), yang meninggal pada tahun 1980.

Becoming Led Zeppelin adalah pertama kalinya Led Zeppelin berpartisipasi dalam film dokumenter dalam 50 tahun, dengan band ini memberikan MacMahon “akses yang belum pernah terjadi sebelumnya” untuk film tersebut.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu For Your Life - Led Zeppelin

Sementara itu, Robert Plant baru-baru ini menjanjikan dukungannya untuk anak-anak mendiang vokalis Humble Pie dan Small Faces, Steve Marriott, yang saat ini sedang berselisih dengan properti miliknya mengenai musik yang dihasilkan AI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com