Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Perkembangan Musik Digital di TikTok Dorong Kreativitas Kreator Muda

Kompas.com - 21/04/2024, 11:24 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Tren musik digital terus berkembang dan telah menjadi bagian integral dari kehidupan modern. Kini, musisi juga dapat terhubung dengan pendengar secara global dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Salah satu faktor utama dalam transformasi ini adalah kehadiran platform media social, seperti TikTok. Platform berbagi video pendek yang populer tersebut telah menjadi kekuatan progresif dalam industri musik, mengubah cara di mana lagu-lagu populer ditemukan, digunakan, dan menjadi viral.

Salah satu aspek yang membedakan TikTok dari platform lainnya adalah pendekatannya yang unik terhadap konten musik. Di media sosial kini, lagu-lagu tidak hanya dapat didengarkan, tetapi juga dikolaborasikan dengan konten-konten kreatif. Hal ini jadi peluang bagi musisi, bahkan kreator konten untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas.

Baca juga: 10 Penyanyi dan Lagu Paling Populer di FYP TikTok Sepanjang 2023

Musik digital di TikTok sekarang ini sudah sangat jauh berkembang, dan yang paling signifikan adalah munculnya talenta-talenta baru di bidang musik. Contohnya seperti disc jockey (DJ), akustik, bahkan band- band ternama yang terlihat cukup sering live di TikTok,” ujar kreator konten yang mengandalkan TikTok sebagai sarananya dalam berkarya, DJ Luna, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (21/4/2024).

Berkembangnya musik digital pun telah memudahkan para kreator DJ, seperti Luna untuk mengakses berbagai jenis musik dan sampel untuk digunakan dalam karya mereka. Dengan beragamnya pilihan platform streaming musik dan toko musik digital, kreator DJ memiliki akses pada jutaan lagu dari berbagai genre, juga memungkinkan mereka untuk menciptakan campuran musik baru yang unik dan menarik.

Masih ada tantangan

Meski terlihat mudah, persaingan untuk mendapatkan pendengar setia juga ada tantangannya. Pada platform TikTok, tidak semua konten musik dari DJ bisa menembus for your page atau FYP.

Menurut pengalaman DJ Luna, kunci agar konten bisa FYP adalah konsisten mengikuti tren dan waktu mengunggah video.

“Dari pengalaman saya, agar konten terus FYP, ikuti lagu-lagu indonesia yang sedang tren saat ini, lalu kreasikan dengan durasi yang sesuai, jangan lebih dan jangan kurang. Jam upload juga sangat berpengaruh. Sejauh ini, (pengalaman saya, konten) sudah pasti FYP kalau diunggah sekitar jam setengah 6 sore dan unggah konten minimal satu kali sehari,” imbuh Luna yang baru saja meraih dua plakat “Serunya Berbagi Ramadan” dari TikTok.

Baca juga: Mau Kontenmu Masuk FYP di TikTok? Lakukan 7 Hal Berikut

Luna juga mengamini ketatnya persaingan di antara kreator DJ. Mengingat banyak orang yang mencoba untuk mendapatkan perhatian di media sosial, maka kreator DJ perlu memiliki keunikan dan kreativitas dalam karya mereka.

“Kami harus berpikir positif, berinovasi dan tetap rendah hati. Lalu yang paling penting, kuat mental. Saran untuk kreator baru, jangan lupa untuk terus semangat dan harus punya karakter serta terus berkarya tanpa menjatuhkan orang lain,” ujar kreator konten yang berada dalam naungan JEF Group Agency saat memberikan tip.

Dengan perkembangan musik digital yang terus berlanjut, Luna memprediksi banyak kreator DJ yang muncul di TikTok dan platform lainnya di masa depan. Hal ini dapat menciptakan beragam kesempatan baru bagi individu yang tertarik untuk mengeksplorasi dunia musik dan kreativitas digital, di samping tantangan.

“Adanya TikTok, menurut saya pribadi sangat membantu untuk menyalurkan bakat atau hobi seseorang di bidang musik maupun bidang lainnya. Orang dari daerah maupun bukan dari kota besar juga punya kesempatan untuk terkenal dengan mudah, selama punya bakat dan ciri khas tersendiri, serta utamakan konten-konten yang positif dan mendidik,” ujar DJ Luna yang saat ini memiliki 125.000 pengikut di TikTok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com