Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Operasi Kanker Payudara, Sarah Ferguson Didiagnosis Kanker Kulit

Kompas.com - 22/01/2024, 09:21 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

Sumber EOnline

KOMPAS.com - Produser film Sarah Ferguson didiagnosis mengidap kanker kulit, beberapa bulan setelah ia menjalani mastektomi tunggal untuk mengobati kanker payudara.

Mastektomi adalah operasi atau prosedur pengangkatan sebagian atau seluruh jaringan  payudara.

Perwakilan Sarah yang memiliki gelar Duchess of York mengeluarkan pernyataan tentang penyakit terbarunya pada 21 Januari 2024.

"Setelah didiagnosis menderita kanker payudara stadium awal pada musim panas ini, Sarah, Duchess of York, kini didiagnosis menderita melanoma ganas," kata juru bicara tersebut dalam sebuah pernyataan kepada E! News, dikutip Kompas.com, Senin (22/1/2024).

Baca juga: Mantan Menantu Ratu Elizabeth, Sarah Ferguson Jalani Operasi Kanker Payudara

"Dokter kulitnya meminta beberapa tahi lalat diangkat dan dianalisis pada saat yang sama ketika Duchess menjalani operasi rekonstruksi setelah mastektomi, dan salah satu dari tahi lalat tersebut diidentifikasi sebagai kanker," tambah pernyataan itu.

Menurut The Telegraph dan media lainnya, Sarah didiagnosis menderita kanker kulit beberapa hari setelah Natal.

Hal itu setelah ia tampil mengejutkan bersama mantan suaminya, Pangeran Andrew, dan anggota keluarga kerajaan lainnya pada kebaktian Hari Natal di Sandringham, Norfolk.

Baca juga: Meghan dan Kate Sering Dibenturkan, Sarah Ferguson Angkat Bicara

Sang duchess dirawat oleh ahli onkologi dan dokter kulit dari rumah sakit di London dan telah menjalani pemulihan di sebuah spa medis di Austria, demikian yang diketahui oleh E! News.

"Dia sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan bahwa ini telah terdeteksi sejak dini," kata perwakilannya.

"Jelas, diagnosis lain begitu cepat setelah perawatan untuk kanker payudara telah membuat sedih, tetapi Duchess tetap bersemangat," lanjutnya.

Pernyataan tersebut menambahkan bahwa Duchess ingin berterima kasih kepada seluruh tim medis yang telah mendukungnya, terutama dokter kulitnya yang kewaspadaannya memastikan penyakitnya terdeteksi saat itu.

Dia percaya pengalamannya menggarisbawahi pentingnya memeriksa ukuran, bentuk, warna dan tekstur serta kemunculan tahi lalat baru yang dapat menjadi tanda melanoma.

Sarah Ferguson merupakan mantan istri Pangeran Andrew.

Ia adalah ibu dari Puteri Beatrice dan Puteri Eugenie.

Selain berprofesi sebagai produser film, Sarah juga dikenal sebagai penulis buku anak-anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber EOnline
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com