Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Karakter Spongebob Terinspirasi dari Beberapa Sosok Komedian Terkenal

Kompas.com - 01/11/2023, 09:17 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber ScreenRant

KOMPAS.com- Karakter animasi SpongeBob SquarePants yang dikenal dengan kepribadian selalu ceria dan cukup konyol ternyata terinspirasi dari beberapa tokoh di kehidupan nyata.

Pengajar ilmu kelautan dan animator Stephen Hillenburg sebagai orang yang menciptakan karakter SpongeBob, mengatakan mendapat inspirasi dari beberapa komedian saat membangun karakter SpongeBob. 

Hillenburg mengatakan kepada Washington Post pada tahun 2009 bahwa spons terkenal ini lahir dari kecintaannya pada duo Laurel dan Hardy yang tak terlupakan.

"Semacam situasi teman yang bodoh," sebutnya saat itu.

Baca juga: Film The Legend of Aang dan SpongeBob SquarePants Bakal Dirilis pada 2025

Sebagai informasi, Laurel dan Hardy adalah duo komedi yang populer dengan komedi slapstick mereka.  Laurel berperan sebagai teman yang kikuk dan kekanak-kanakan dan Hardy yang sombong.

Duo Laurel menjadi pengaruh besar untuk membangun dinamika hubungan antara SpongeBob dan Patrick.

Hillenburg menjelaskan bahwa SpongeBob terinspirasi oleh Laurel, yang merupakan pasangan yang "lugu".

Demi menjaga kesan tersebut, empat musim pertama fokus pada cerita keluguan SpongeBob dan Patrick.

"SpongeBob benar-benar lugu, bukan idiot," ujarnya.

Baca juga: 20 Kutipan Kata-kata Bijak Kartun Spongebob, Penuh Makna...

Karakter lain yang menginspirasi terciptanya SpongeBob adalah Pee-wee Herman. Pee-wee tidak sabaran, kekanak-kanakan, ceria, dan dengan ekspresi wajah yang unik, meskipun ia juga memiliki sisi agresif.

Hal yang sama dapat dengan mudah dikatakan tentang SpongeBob, yang juga menunjukkan momen-momen agresi, meskipun terkadang tidak disengaja dan tidak terlalu sering.

Pee-wee Herman adalah karakter yang diciptakan dan diperankan oleh aktor dan komedian Amerika, Paul Reubens.

Inspirasi lainnya tidak lain adalah Jerry Lewis, seorang komedian dan aktor Amerika yang menurut Hillenburg kepada USA Today pada tahun 2002, adalah seseorang yang ingin ditiru oleh SpongeBob dengan menjadi "orang yang optimis dan konyol, karakter yang seperti anak-anak".

Melihat inspirasi di balik SpongeBob, jelas bahwa tema utama bagi Hillenburg adalah kepolosan, yang digambarkan melalui perilaku yang berbeda dan juga melalui interaksinya dengan karakter lain, terutama yang dianggap lebih dewasa, seperti Tuan Krabs dan Squidward.

Kini, Spongebob telah menjadi Nicktoon paling sukses, lebih besar dari acara klasik seperti Rugrats dan Hey Arnold!, dan bahkan telah merambah ke media lain, terutama buku komik dan film.

SpongeBob SquarePants bercerita tentang petualangan sehari-hari karakter utama, spons laut yang terlihat seperti spons dapur, dan teman-temannya dari kota bawah laut Bikini Bottom, di antaranya Patrick Star, Sandy Cheeks, dan Squidward Tentacles.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com