BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan TikTok

Sukses Raih Rekor Penjualan Live Shopping Rp 15 Miliar, Ini Kisah Perjalanan Kreator Affiliate TikTok Mami Louisse

Kompas.com - 09/08/2023, 11:18 WIB
Anissa DW,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Salah satu kreator affiliate TikTok yang dikenal dengan konten interaktif dan kreatif, Louisse Scarlett (@Louissescarlettfamily), berhasil menjadi perempuan kreator affiliate TikTok pertama yang memecahkan rekor penjualan produk lokal sebesar Rp 15 miliar dalam waktu satu hari di TikTok Shop.

Capaian fantastis perempuan yang akrab disapa Mami Louisse itu ditorehkan pada acara live shopping bertajuk Gebrakan by Mami Louisse, Sabtu (29/7/2023). Selama 18 jam nonstop, Mami Louisse menampilkan berbagai produk kecantikan terbaik pada 2023.

Catatan tersebut melengkapi capaian yang pernah diraih Mami Louisse sebelumnya, yakni pemecahan rekor 26 jam livestream nonstop dengan jumlah penonton sebanyak 2,1 juta orang.

Baca juga: 4 Ide Konten untuk Promosi Produk di Tiktok

Untuk bisa memecahkan rekor penjualan tersebut, Mami Louisse beserta timnya melakukan persiapan yang cukup panjang dan matang. Ia aktif berkoordinasi dengan sejumlah brand kecantikan lokal untuk memberikan harga terbaik kepada komunitas TikTok, khususnya pengikut akun Mami Louisse.

Berkat upaya itu, Mami Louisse mampu menghadirkan segmen interaktif, flash sale sepanjang sesi live shopping, diskon produk hingga 50 persen, promo bebas ongkos kirim (ongkir), dan promo flash sale dengan harga mulai Rp 1.000 untuk penonton.

Awal perjalanan Mami Louisse

Keberhasilan Mami Louisse tersebut tidak diraih dengan mudah. Bak roller coaster, ia harus menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan saat memulai membangun reputasi akun TikTok-nya.

Sebelum dikenal sebagai sosok Mami Louisse yang digemari banyak orang, ia pernah berprofesi sebagai sales promotion girls. Pada 2018, ia pun memutuskan untuk membuka akun TikTok.

Mulanya, ia berbagi informasi seputar kondisi anaknya yang didiagnosis menderita pneumonia dan laringomalasia lewat platform TikTok. Ia memanfaatkan platform video pendek itu untuk membagikan video dengan topik parenting dan perjalanan pemulihan anaknya.

Baca juga: Geser Media, TikTok Jadi Sumber Mencari Berita Para Gen-Z

“Saya merasa masyarakat Indonesia dihadapi dengan minimnya informasi tentang cara mengatasi masalah dalam mengasuh anak,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (8/8/2023).

Tak disangka, konten Mami Louisse mulai digemari banyak orang berkat pendekatan yang digunakan serta pengetahuannya seputar topik tersebut. Seiring waktu berjalan, akun TikTok @Louissescarlettfamily pun berhasil mendapatkan 6,6 juta pengikut.

Bantu perkenalkan brand lokal

Mami Louisse dikenal sebagai sosok yang berani mencoba berbagai hal baru dan punya rasa ingin tahu. Hal ini kemudian membawanya bergabung menjadi kreator affiliate TikTok Shop.

“TikTok Shop merupakan tempat belanja online yang menyenangkan. Para seller-nya mengusung konsep menghibur terlebih dahulu, baru mengarahkan kepada pembelian (shoppertainment),” kata Mami Louisse.

Keputusan bergabung menjadi kreator affiliate TikTok didasari oleh keinginan Mami Louisse untuk membantu mengenalkan berbagai merek kepada konsumen, terutama merek lokal.

Guna melancarkan niatnya itu, ia memosisikan dirinya sebagai sosok yang selalu ada bagi para penonton. Mami Louisse pun tidak ragu melakukan live shopping hingga berjam-jam.

Bahkan, ia pernah melakukan siaran live streaming dari pukul 4 pagi hingga malam hari. Namun, usahanya tersebut tidak berjalan mulus.

Baca juga: Tips Berjualan di TikTok Shop bagi UMKM

Pada masa awal, ia pernah hanya mendapatkan penjualan sebesar Rp 100.000 untuk live streaming selama 3-4 jam. Meski begitu, Mami Louisse tidak putus asa.

Ia pun mencoba berbagai strategi. Salah satunya dengan fokus menjual satu kategori produk pada sesi LIVE Shopping di TikTok Shop.

“Seiring waktu berjalan, saya menyadari bahwa kelebihan saya adalah menawarkan produk-produk dari kategori kecantikan. Karena itu, saya terus mempelajari dan memahami tren apa saja yang sedang ramai dibicarakan,” kata Mami Louisse.

Karena itu pula, Mami Louisse gencar melakukan pendekatan dengan berbagai brand kecantikan lokal untuk mengenalkan produk mereka kepada penonton.

Awalnya, ia sempat kesulitan mendapatkan barang sampel dari brand untuk dipasarkan dan dijual. Kini, Mami Louisse dipercaya oleh banyak brand lokal. Ia juga sering diundang untuk melihat secara langsung pembuatan produk di pabrik.

Baca juga: Antipanik Hadapi Pesanan di Musim Belanja, Simak 3 Tip dari Penjual di TikTok Shop

Strategi lain yang dilakukan Mami Louisse adalah konsisten mengadakan sesi LIVE Shopping dan berinteraksi dengan para audiens. Ia pun terus mengasah kreativitas, salah satunya dengan selalu memasukkan segmen interaktif dengan para pengguna TikTok.

Berkat kegigihan, kolaborasi yang erat dengan berbagai merek, serta dukungan menyeluruh dari TikTok Shop, Mami Louisse sukses mendukung dan mendorong banyak brand kecantikan di Indonesia sehingga menjadi pilihan masyarakat.

Bagi para penggemar @Louissescarlettfamily, Mami Louisse akan memeriahkan kampanye TikTok Shop 8.8 Pesta Lokal. Didukung TikTok, Mami Louisse akan mempromosikan berbagai brand lokal, tidak hanya produk kecantikan, untuk mendapatkan lebih banyak eksposur serta meningkatkan penjualan mereka melalui diskon dan promosi yang menarik.

Beberapa penawaran menarik yang bisa didapatkan adalah Diskon Brand Lokal sampai dengan 88 persen, Kupon Gratis Ongkir, Pesta Flash Sale mulai Rp 8.000, dan voucher diskon hingga 88 persen untuk produk pencarian di bawah kampanye 8.8 Pesta Lokal.

Baca juga: Bagaimana Cara Belanja dan Beli Barang di TikTok Shop Live?

Untuk diketahui, sebagai platform e-commerce yang terintegrasi dengan TikTok, TikTok Shop memperkuat komitmennya untuk terus menghadirkan pengalaman berbelanja yang menghibur sekaligus aman dan nyaman bagi para merchant, kreator, serta komunitas TikTok di seluruh Indonesia.

Selain itu, melalui fitur holistik TikTok dan konsep shoppertainment yang diusung, brand dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dapat memajukan bisnis agar semakin digemari masyarakat.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com