Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respons Farida Nurhan Saat Food Vlogger Dituding Minta Makan Gratis

Kompas.com - 16/07/2023, 19:31 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Food vlogger Farida Nurhan berikan tanggapan setelah beberapa waktu lalu heboh seorang food vlogger dicibir karena dianggap meminta makanan gratis.

Tak ingin memihak siapapun, Farida Nurhan mencoba meluruskan anggapan masyarakat terhadap sikap food vlogger itu yang menunjukkan jumlah followers media sosialnya.

"Kayaknya enggak ada minta gratisnya, cuma itu asumsi yang menonton videonya, dikira minta gratis," kata Farida dikutip dari YouTube Pagi Pagi Ambyar Trans tv.

Sebagai seorang food vlogger, Farida mengaku juga pernah menunjukkan akun media sosial dan jumlah followersnya pada pemilik tempat usaha yang akan dibuat konten.

Baca juga: Pernah Diusir Saat Sedang Review Makanan, Food Vlogger Farida Nurhan: Masih Ada Videonya

Ini dia lakukan bukan untuk meminta gratisan, melainkan untuk memperkenalkan diri.

"Itu pernah terjadi di aku. Kadang kita sudah minta izin untuk di review, tapi warungnya atau gerobaknya enggak punya sosial media," ujarnya.

"Jadi kita langsung datang ke tempatnya, enggak semua orang kenal kita kan, jadi kita minta izin, 'Kak kita mau buat video, ini sosial medianya, ini platform YouTubenya, ini TikToknya,'" lanjut Farida Nurhan.

Menurutnya, sebagai food vlogger hal seperti itu sudah cukup wajar sebagai cara meminta izin sebelum membuat konten.

Baca juga: Setelah Viral Curhatan Magdalena, Kini Sikap Food Vlogger Farida Nurhan Dibongkar Penjual Bakso

Tindakan memperkenalkan diri itu menurutnya tidak bisa dianggap sebagai meminta gratisan.

"Emang itu prosedurnya," ucap Farida.

Sebelumnya sempat viral cerita dari food vlogger Magdalena Fridawati atau Magdalenaf yang merasa dipandang sebelah mata ketika review restoran viral.

"Aku pernah ya ini fun fact, baru tahun lalu, aku datang ke tempat makan, aku udah nunjukin follower aku berapa, bisa bantu sejauh apa," kata Magdalenaf dalam YouTube Samuel Christ.

"(Dijawab) iya tapi ini kan bisnis, saya dikasih apa," lanjutnya menirukan respons pemilik tempat makan.

Sambil tertawa, Magdalenaf menceritakan pemikirannya ketika mendapat respons seperti itu dari pemilik tempat makan.

"Dalam hati 'pak ini nilainya tidak ternilai loh. Kalau misal lo disuruh bayar ke gue, bisa bayar berapa,'" kata Magdalenaf sambil terkekeh.

Sikap Magdalena dalam konten itu kemudian ramai di media sosial dan membuatnya mendapat banyak cibiran hingga akhirnya mengeluarkan video klarifikasi dan permintaan maaf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com