Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernyataan Baru SM Entertainment, Akan Serahkan Laporan Keuangan

Kompas.com - 05/06/2023, 14:48 WIB
Melvina Tionardus,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - SM Entertainment merilis beberapa pernyataan baru tentang keputusan mereka terhadap masalah Baekhyun, Xiumin, dan Chen yang ingin memutus kontraknya.

Salah satunya, SM Entertainment berjanji menyerahkan laporan pembayaran atau keuangan yang diminta oleh ketiga idol tersebut.

Pertama, kata SM Entertainment, laporan penyelesaian adalah informasi rahasia yang tidak dapat diungkapkan kepada pihak ketiga.

Baca juga: Baekhyun, Xiumin, dan Chen EXO Disebut Tertekan karena Tuduhan SM Entertainment

"Laporan penyelesaian dapat mencakup berbagai informasi seperti detail aktivitas spesifik masing-masing artis, tarif dan metode penyelesaian, uang muka, dan sebagainya. Ini adalah informasi rahasia agensi kami yang tidak boleh diungkapkan kepada pihak ketiga seperti pesaing," ungkap SM Entertainment, dikutip dari Soompi.

SM menyatakan selalu memberikan kesempatan kepada artisnya untuk melihat detail pembayaran (keuangan).

Kedua, SM mengatakan ketiga member tidak mau mengungkapkan apakah ada keterlibatan pihak ketiga.

Baca juga: Baekhyun, Xiumin, dan Chen EXO Putus Kontrak dengan SM Entertainment

Lalu ketiga member mengonfirmasi bahwa tidak ada keterlibatan pihak ketiga hanya untuk media dan bukan untuk SM Entertainment.

"Kami khawatir bahwa ada niat negatif lain dari perwakilan hukum ketiga artis dan permintaan mereka untuk diberikan salinan dokumen sambil menyebutkan pemutusan kontrak, meskipun mereka memiliki kesempatan untuk mengunjungi kami kapan saja untuk meninjau laporan penyelesaian dan menyampaikan pendapat mereka," tutur SM.

Ketiga, SM Entertainment memutuskan untuk memberikan salinan laporan pembayaran dengan persetujuan dan pemahaman member EXO.

Dengan alasan bahwa ketiga artis dan kuasa hukum tidak menggunakannya untuk tujuan yang tidak adil.

Baca juga: Chen, Baekhyun, dan Xiumin Akhiri Kontrak, SM Entertainment Pastikan EXO Tak Tunda Comeback

"Kami menerima konfirmasi bahwa ketiga artis dan perwakilan hukum mereka tidak akan menggunakan (laporan) untuk tujuan lain yang tidak adil selain untuk memeriksa detail penyelesaian, agensi telah memutuskan untuk memberikan salinan laporan penyelesaian kepada tiga artis," tutur SM.

Diberitakan sebelumnya pada 1 Juni Baekhyun, Xiumin, dan Chen EXO memberi tahu SM Entertainment keinginan pemutusan kontrak eksklusif mereka, yang ditanggapi SM dengan pernyataan terperinci.

Perwakilan hukum Baekhyun, Xiumin, dan Chen merilis pernyataan tambahan pada 2 Juni berisi bantahan terhadap klaim SM Entertainment.

Baca juga: 5 Fakta Kekisruhan Chen, Baekhyun, dan Xiumin EXO dengan SM Entertainment

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com