Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tina Turner Meninggal Dunia, Sakit Sejak Lama dan Duka Presiden Joe Biden

Kompas.com - 26/05/2023, 07:33 WIB
Vincentius Mario,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyanyi rock legendaris Tina Turner meninggal dunia dalam usia 83 tahun di rumahnya di Swiss, Rabu (24/5/2023) waktu setempat.

Tina meninggal dunia setelah mengalami berbagai macam sakit sejak lama.

Kepergian Tina meninggalkan duka mendalam bagi para musisi dan juga Presiden AS Joe Biden. Berikut rangkuman Kompas.com.

Diumumkan juru bicara

Kabar kepergian Tina diumumkan oleh juru bicaranya, Bernard Doherty, dalam sebuah pernyataan.

Doherty mengungkap bahwa Tina meninggal dunia setelah mengalami sakit cukup lama.

Pemakaman Tina Turner akan digelar secara tertutup dan hanya dihadiri keluarga dan sahabat dekat.

Kondisi terakhir

Sahabat Tina, penyanyi Cherilyn Sarkisian alias Cher, mengungkap kondisi terakhir Tina Turner sebelum meninggal dunia.

Cher diketahui sempat mengunjungi mendiang temannya di tengah masa sakit.

Cher mengingat bahwa Tina memiliki mesin dialisis di rumahnya.

Sebagai informasi, dialisis digunakan pada orang yang mengalami gagal ginjal atau penyakit ginjal stadium akhir.

Para penggemar meninggalkan bunga di bintang Hollywood Walk of Fame Tina Turner, Hollywood, California, Rabu (24/5/2023) untuk mengucapkan dukacita atas kepergian sang ratu rock 'n roll. Tina Turner meninggal dunia di Swiss setelah menderita sakit cukup lama. AFP/PATRICK T. FALLON Para penggemar meninggalkan bunga di bintang Hollywood Walk of Fame Tina Turner, Hollywood, California, Rabu (24/5/2023) untuk mengucapkan dukacita atas kepergian sang ratu rock 'n roll. Tina Turner meninggal dunia di Swiss setelah menderita sakit cukup lama.
Sementara, Tina diketahui sempat menjalani transplantasi ginjal dari suaminya, Erwin Bach, pada 2017.

"Dia berjuang melawan penyakit ini untuk waktu yang lama dan dia begitu kuat seperti yang kalian pikirkan, tetapi saya tahu menjelang akhir, dia berkata, 'Saya benar-benar siap. Saya hanya tidak mau. untuk bertahan dengan ini lagi'," kenang Cher dilansir ET.

Duka Presiden Joe Biden

Presiden AS, Joe Biden mengungkap dukacitanya atas kepergian Tina lewat situs resmi Gedung Putih, Rabu (24/5/2023) waktu Amerika.

Joe Biden menyebut Tina Turner sebagai penyanyi yang sangat inspiratif, dari latar belakangnya sampai menuju kesuksesan.

“Sebelum menjadi Ratu Rock n Roll, Tina Turner adalah putri seorang petani di Tennessee. Sebagai seorang anak, dia bernyanyi di paduan suara gereja sebelum menjadi salah satu artis rekaman paling sukses sepanjang masa,” ucap Joe Biden dikutip dari situs resmi Gedung Putih.

Joe Biden melihat Tina Turner sebagai wanita tangguh yang mengukir rekor prestasi yang belum pernah dilakukan penyanyi wanita lainnya.

Sepanjang kariernya, penyanyi berjuluk Queen of Rock 'n' Roll itu menerima 12 Grammy Awards dan menjual lebih dari 100 juta rekaman di seluruh dunia.

Namun, meskipun kariernya sukses luar biasa, Tina juga memiliki kehidupan pribadi yang bergejolak dengan mantan suaminya, Ike Turner.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com