Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2023, 11:23 WIB
Ady Prawira Riandi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengapresiasi langkah Palari Films dan Netflix menggunakan Kalimantan sebagai lokasi syuting Kabut Berduri.

Kabut Berduri, yang saat ini sedang dalam tahap produksi, merupakan film bergenre crime-thriller yang berlatar di beberapa lokasi di Kalimantan.

"Kami bangga dengan adanya produksi ini, karena masih jarang cerita yang ditampilkan di film yang berlatar di luar pulau Jawa," kata Sandi dalam keterangan pers tertulis, Sabtu (1/4/2023).

Baca juga: Netflix Umumkan Kabut Berduri, Putri Marino Beri Bocoran di Lokasi Syuting

Sandiaga Uno juga mengatakan, keputusan itu akan memberikan dampak positif bagi Kalimantan yang jarang digunakan sebagai lokasi syuting.

"Tidak hanya dari ceritanya saja, tetapi film ini juga melibatkan aktor, kru, dan membuka peluang bagi komunitas lokal di Kalimantan," ujar Sandiaga Uno.

Sementara Muhammad Zaidy atau Eddy selaku produser menjelaskan alasan utama memilih Kalimantan untuk Kabut Berduri.

Baca juga: Netflix Umumkan Film Kabut Berduri, Dibintangi Putri Marino dan Lukman Sardi

Selain karena lokasi utama untuk menunjang cerita yang spesifik, Eddy juga menemukan banyak keunikan dari Pulau Borneo.

"Selain itu, Kalimantan terbilang unik karena memiliki keragaman budaya dan lanskap yang memukau. Kami berharap produksi film ini bisa memberi sedikit dampak kepada industri pariwisata dan ekonomi kreatif dan saya berharap ada lebih banyak lagi produksi film di luar Jawa," kata Eddy.

Lukman Sardi sebagai salah satu pemain Kabut Berduri turut memberikan pandangannya soal Kalimantan.

Baca juga: Sinopsis Ouran High School Host Club, Serial Anime Tayang di Netflix

Ayah tiga anak ini mengakui banyak lokasi indah yang tak banyak diketahui dari Kalimantan.

"Indonesia begitu cantik dan indah. Saya bangga mempunyai kesempatan untuk syuting di lokasi-lokasi yang luar biasa seperti Danau Sentarum dan Rumah Panjang serta berkesempatan untuk terkoneksi langsung dengan masyarakat di sana," kata Lukman.

Selain menampilkan Lukman Sardi, Kabut Berduri turut dibintangi oleh Putri Marino, Yoga Pratama, Yudi Ahmad Tajudin, Yusuf Mahardika, Iedil Dzuhrie Alaudin, Kiki Narendra, Siti Fauziah, dan Sita Nursanti.

Pada tahun lalu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Netflix meluncurkan program Wonderful Indonesia untuk mempromosikan industri pariwisata melalui cerita-cerita yang dihadirkan dalam film.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com