Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komisioner LMKN: Ahmad Dhani Enggak Perlu Komplain kalau Once Nyanyikan Lagunya, Pasti Dibayar

Kompas.com - 20/03/2023, 16:48 WIB
Revi C. Rantung,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisioner Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN), Andre Hehanusa, menanggapi perdebatan royalti lagu yang tengah muncul antara musisi Ahmad Dhani dan penyanyi Once Mekel.

Andre Hehanusa mengatakan, sebenarnya permasalahan tersebut sejatinya sudah diatur di bawah Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI (Permenkumham) Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 Tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu Dan/Atau Musik.

Baca juga: Tanggapan Pengamat Musik soal Perdebatan Ahmad Dhani dan Once Terkait Royalti Lagu

“Nah untuk cased soal lagu-lagu yang dipakai Once untuk Ahmad Dhani, itu sudah diatur,” kata Andre Hehanusa kepada Kompas.com via telepon, Senin (20/3/2023).

“Ahmad Dhani enggak perlu komplain kalau Once nyanyi lagu Dhani, pasti dibayar itu. Dan itu sudah tercantum di pasal yang harus dilakukan oleh user,” tutur Andre.

Baca juga: Perdebatan Ahmad Dhani dan Once Mekel soal Royalti Lagu

Andre Hehanusa diabadikan usai peluncuran klip video single 'All About Love' di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (30/9/2015).KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG PANGERANG Andre Hehanusa diabadikan usai peluncuran klip video single 'All About Love' di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (30/9/2015).
Andre menjelaskan bahwa user yang dimaksud adalah kafe, rumah pertunjukan, organizer, dan promotor itu sudah ada.

“Nah, kalau Ahmad Dhani punya lagu dipercayakan ke publishing untuk di WAMI (Wahana Musik Indonesia), ya WAMI yang mengatur punya Dhani,” ungkap Andre Hehanusa.

Baca juga: Once Bicara Royalti Lagu Dewa 19, Ahmad Dhani: Dia Bukan Pengarang Lagu

Andre Hehanusa kembali menegaskan bahwa aturan itu sudah jelas mengenai royalti lagu.

“Nanti kalau Once mau nyanyi ya nyanyi saja. Tinggal si user-nya yang punya kafe atau organizer yang telepon WAMI, ‘Lagu Dhani kami pakai’ gitu. Itu semua sudah tercantum dalam LMKN, aturannya ada,” ucap Andre lagi.

Baca juga: Tegaskan Tak Ada Masalah dengan Once, Ahmad Dhani: Once Enggak Tahu Apa-apa

Di sisi lain, Ahmad Dhani sempat menegaskan bahwa ia tak pernah bermasalah dengan penyanyi Once perihal royalti lagu.

“Orang-orang suka bilang 'Mas Dhani ada apa sama Once?' Enggak ada apa-apa. Karena yang wajib bayar saya bukan Once, yang wajib bayar EO-nya," tutur Dhani dalam YouTube Video Legend beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com