Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dulu Hampir Menyerah, Pemenang Oscar Ke Huy Quan: Tak Ada Seorang pun Mau Mempekerjakan Saya

Kompas.com - 13/03/2023, 14:46 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber Variety

KOMPAS.com- Aktor peraih Oscar untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik, Ke Huy Quan, pernah ungkap kisah di balik keputusannya kembali ke dunia hiburan.

Bintang film Everything Everywhere All at Once ini merupakan aktor cilik yang memulai karier di usia 12 tahun dan membintangi film Indiana Jones And The Temple of Doom bersama Harrison ford.

Film itu disusu film lain berjudul The Goonies. Orang mungkin berpikir kariernya akan cerah, tapi ternyata sebaliknya.

"Setelah itu, peluang semakin sedikit, dan waktu tunggu semakin lama. Saya masih bekerja, tapi setahun sekali, atau dua tahun sekali," kata Quan.

Baca juga: Hampir Menyerah pada Karier, Ke Huy Quan Menangis Saat Terima Oscar

"Dan perannya semakin kecil. Tidak apa-apa ketika saya masih di sekolah menengah, tetapi begitu saya lulus dan ingin melakukannya penuh waktu, itu menjadi sulit," lanjutnya.

Kurang dari 10 tahun setelah Temple of Doom, dia mendapat tawaran casting dari agensinya, kali ini kembali peran kecil dengan dua kalimat dialog.

Di sana dia harus memperebutkan peran kecil itu bersama 20 orang aktor Asia lainnya, dan akhirnya dia tak dapat peran itu.

"Saya ingat duduk di tepi ranjang saya, membeku. Saya bahkan tidak bisa mendapatkan peran kecil ini. Masa depan terlihat sangat suram," kata Quan.

Baca juga: Ke Huy Quan Raih Best Supporting Actor di Golden Globe Awards 2023

Quan yang lahir pada tahun 1971 di Vietnam dari orang tua China dan menghabiskan satu tahun bersama keluarganya di kamp pengungsi Hong Kong sebelum tiba di Amerika Serikat pada tahun 1979, mencoba bertahan dua tahun lagi.

Kemudian, pada usia 23 tahun, dia berhenti berakting, menyalahkan dirinya sendiri atas kegagalannya.

"Saya dibesarkan dalam keluarga dengan nilai Tionghoa yang sangat tradisional, tidak pernah menyalahkan siapa pun kecuali diri saya sendiri," katanya.

"Jadi, saya pikir saya tidak cukup tinggi, saya tidak cukup tampan, saya bukan aktor yang cukup baik. Saya tidak memiliki kedewasaan untuk berpikir bahwa mereka tidak menulis peran untuk aktor Asia," sambungnya.

Semua pemikiran atas sebab kegagalannya itu membanjiri otak Quan.

"Semua rasa tidak aman ini mulai membanjiri kepala saya dan saya pikir sayalah masalahnya. Itu adalah periode yang menyakitkan, dan saya sangat tersesat. Saya bingung, saya sengsara, saya sangat putus asa," ucap Quan.

Hidupnya mulai tercerahkan ketika di tahun 2018 dia melihat kesuksesan film Crazy Rich Asians yang dibintangi Contance Wu, Henry Golding dan Michelle Yeoh.

Halaman:
Sumber Variety
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com