Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2023, 11:25 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konser Dewa 19 telah digelar di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu (4/2/2023).

Konser bertajuk Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 ini dihadiri puluhan ribu penonton.

Dari puluhan ribu penonton yang hadir, tak sedikit dari mereka yang mengeluhkan beberapa hal dari konser Dewa 19 di JIS.

Baca juga: Momen Menarik dalam Konser Dewa 19 di JIS

Seperti salah satu penonton, Dyah, warga Bekasi.

Meski mengaku senang bisa bertemu idoalnya, Dyah mengaku sedikit kecewa karena suara beberapa penampil di konser Dewa 19 tidak terlalu terdengar jelas.

Hal itu membuatnya tak bisa menikmati konser sepenuhnya.

“Happy banget bisa pas nonton aku (dapat) di samping panggung. Cuma ada suara yang enggak terdengar jelas pas bagian duet Mulan Jameela nyanyi bareng Umi Elvy Sukaeshi,” kata Dyah kepada Kompas.com, Senin (6/2/2023).

Baca juga: Viral Keluhan Penonton Usai Konser DEWA 19, Tak Dapat Kursi hingga Suara Tak Terdengar

Hal yang sama juga diungkap oleh penonton lainnya, Vitorio Matalean yang juga dari Bekasi.

Pria yang mengaku Baladewa ini menonton di bagian festival B. Vitorio mengatakan bahwa suara musik dari Dewa 19 terdengar redup atau memendam.

“Cuma dentuman drum Agung Yudha (untungnya dia selalu main bagus dan pemilihan fill-nya tidak pernah gagal) serta lengkingan vokal para vokalis Dewa. Sisanya, solo gitar Andra, apalagi betotan bass Yuke dan permainan keyboard Dhani, lebih banyak redup,” kata Vitorio.

Tak hanya soal musik yang terdengar redup, keluhan lainnya juga karena tak tersedia parkiran di area JIS.

Baca juga: Momen Ari Lasso Bawakan Lagu Hampa, Permintaan Iriana Jokowi di Konser Dewa 19

Alhasil, banyak penonton yang harus jalan kaki jauh. Dyah mengaku harus jalan dua kilometer dari JIS ke Apotek Panda, Sunter, untuk mencari kendaraan umum.

“Aku jalan kaki 2 Kilometer lebih dari JIS ke Apotek Panda. Bahkan ada yang lain jalan ke JIEXPO karena parkir di sana. Mau naik kendaraan umum sudah tidak ada, naik ojek juga enggak pakai aplikasi,” ucap Dyah.

Selain itu, area keluar JIS kata Dyah sangat macet saat itu karena penonton yang menyeruah di jalanan. Mengingat ada banyak penonton yang parkir sembarangan di JIS dan membuat kemacetan.

Baca juga: Sederet Pejabat Negara yang Nonton Konser Dewa 19 di JIS

“Kasihan yang bawa kendaraan bingung parkirnya dan harusnya tertib pada parkir di JIEXPO (sesuai arahan promotor). Tapi ini banyak yang parkir di area JIS yang bikin macet. Stuck kendaraan enggak bisa ke mana-mana. Jalan kaki aja macet gimana yang bawa kendaraan,” ucap Dyah.

Lani, penonton lainnya berharap ke depannya parkiran JIS bisa dioperasikan. Ia berharap, ada sistem pengaturan parkir dan lalu lintas di area JIS apabila ke depannya ada konser lainnya yang diselenggaralan di sana.

“Semoga parkiran JIS bisa dipakai buat penonton. Penyelenggara juga perlu mikirin flow terbaik buat lalin kendaraan dan warga yang baru keluar JIS,” kata Lani.

“Ada shuttle bus juga bikin dongkol karena orang bisa nunggu berjam-jam untuk bisa dapat shuttle,” tutur Lani.

Kompas.com sudah menghubungi promotor konser Dewa 19, Redline mengenai keluhan yang dialami penonton, namun sampai saat ini masih belum mendapat jawaban.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com