Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokumenter Super Junior: The Last Man Standing, Ungkap Rahasia di Balik 18 Tahun Karier Idol Kpop

Kompas.com - 22/01/2023, 09:00 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Sebuah dokumenter bertajuk Super Junior: The Last Man Standing ajak penonton menikmati naik turun perjalanan karier boyband ternama Super Junior.

Merayakan 18 tahun perayaan hari jadi Super Junior, dokumenter ini mengungkap kisah haru dan bahagia perjalanan Super Junior hingga menjadi grup besar seperti sekarang ini.

Dibagi dalam dua episode, pada bagian pertama penonton bisa melihat bagaimana awal grup ini dibentuk dengan anggota yang beragam kebisaan. 

Di mana akhirnya membuat anggota Super Junior terkenal tak hanya sebagai grup tapi juga individu seperti sekarang.  

Baca juga: Jadwal Tayang Film Dokumenter Super Junior: The Last Man Standing

Dokumenter ini juga mengungkap perjuangan mereka sebelum debut, tangis haru di awal debut setelah bertahun-tahun menjadi trainee di agensi mereka.

Sebuah kebanggaan ketika akhirnya kerja keras mereka terbayar dengan naik ke atas panggung di tahun 2005. 

Tak hanya mengungkap perjuangan mereka di awal karier hingga mulai mendapat perhatian lewat lagu "Sorry Sorry" dan berbagai penghargaan dengan lagu "Mr. Simple", mereka juga pernah bersama-sama melewati masa sulit. 

Yaitu ketika satu mobil yang ditumpangi Eunhyuk, Leeteuk, Shindong dan Kyuhyun mengalami kecelakaan. Dari kecelakaan itu, Kyuhyun hampir kehilangan nyawanya.

Baca juga: Siwon Super Junior Penasaran Ingin Coba Makan Durian

Leeteuk dan Eunhyuk dalam dokumenter ini juga menceritakan kata-kata yang sempat diucapkan Kyuhyun di masa-masa kritisnya saat itu.

Roller coaster karier Super Junior sebagai grup juga digambarkan dengan apik dalam dokumenter ini yang merangkum berbagai aksi panggung Super Junior di berbagai negara. 

Dari 13 anggota hingga akhirnya kini tinggal sembilan anggota tersisa yaitu, Shindong, Eunhyuk, Leeteuk, Siwon, Donghae, Yesung, Ryeowook, Heechul, Kyuhyun. 

Bahkan, mereka pernah tampil di panggung hanya dengan empat anggota!

"Kami memulai dengan 12 orang dan bertambah menjadi 13 orang, entah bagaimana hanya sembilan orang yang tersisa," kata Kyuhyun dalam dokumenter tersebut.

Harapan hingga rahasia di balik sukses Super Junior bertahan selama 18 tahun dan akan terus bertambah kedepannya itu juga disampaikan para anggota Super Junior.

Penasaran dan ingin menjadi bagian dari saksi perjalanan karier Super Junior?

Bersiaplah dengan perasaan campur aduk melihat perjuangan mereka selama ini dalam dokumenter 2 episode yang tayang di Disney+ Hotstar mulai tanggal 18 Januari 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com