Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Ibu Eny Ibunda Tiko Membaik dan Masih Mengenali Tetangganya

Kompas.com - 17/01/2023, 17:14 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua RT 006 RW 002, Kelurahan Jatinegara, Jakarta Timur, Noves Haristedja, mengungkap kondisi ibu Eny Sukaesi yang kini sudah dua pekan lebih dirawat di Rumah Sakit Jiwa Duren Sawit.

Ibunda dari Pulung Mustika Bima atau akrab disapa Tiko diketahui dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Duren Sawit pada Jumat (30/12/2023).

“Udah bisa mandi sendiri. Udah bisa pakaian sendiri, dandan, udah bisa makan sendiri,” ujar Noves di Kompleks PLN Jalan Paron, Kelurahan Jatinegara, Selasa (17/1/2023).

Baca juga: Kondisi Terkini Rumah Tiko, Tembok Depan dan Pagar Sudah Dicat

Noves mengatakan, saat pekan lalu, ia ke rumah sakit jiwa untuk menjenguk, kondisi ibu Eny sudah 70 atau 80 persen menuju normal.

"Ibu Eny sudah bisa diajak komunikasi, bahkan kita tak lagi marah-marah. Ia bicara dengan orang lain dengan sangat lembut. Perubahannya udah jauh sekali. Bisa dibilang udah 70 atau 80 persen lebih kali ya (tingkat kesembuhannya) karena pas saya ke sana minggu lalu perkembangannya udah jauh,” ucap Noves.

Baca juga: Respons Tiko Saat Rumah Jadi Tontonan Warga Sejak Ceritanya Hidup 11 Tahun Tanpa Air dan Listrik Viral

“Karena pas saya ke sana minggu lalu perkembangannya udah jauh,” lanjut Noves.

Noves mengatakan, ibu Eny tampak lebih ramah saat ini. Bahkan ia masih mengenal para tetangga yang saat itu menjenguknya.

“Jauh sekali (dari awal dibawa ke rumah sakit jiwa). Terus saya cium tangan dia, dia cium tangan balik. Masih kenal, masih kenal pak Noves, bu RT masuk (dia panggil) bu Ina. Yoyok juga. Masih mengenal,” ucap Noves.

Baca juga: Dapat Sorotan Usai Kisah 11 Tahun Hidup Tanpa Air dan Listrik Viral, Tiko: Agak Sedikit Kurang Nyaman

Noves berharap dalam waktu dekat Ibu Eny bisa pulang ke rumah.

“Informasinya antara seminggu dua minggu. Tergantung kesehatan mamanya. Mudah-mudah satu dua minggu. Kalau di sini belum beres kita cari rempat ringgal sementara sampai ini beres,” tutur Noves.

Untuk diketahui, rumah Tiko viral karena kondisinya yang terbengkalai dan terawat sejak tahun 2010. Tiko tinggal di rumah tersebut bersama ibunya, Eny tanpa aliran listrik dan air yang menyala.

Baca juga: Kondisi Terkini Rumah Tiko, Sudah Pasang Listrik dan Terima Tamu

Sosok Tiko dan Ibunya, Ibu Eny mendadak viral setelah diunggah oleh kreator konten Ale dan Irfan.

Dari mereka, kisah Tiko viral di media sosial dan mendatangkan banyak simpati dari masyarakat.

Terlebih setelah diketahui Tiko merawat sendiri ibunya selama 11 tahun di dalam rumah mereka tanpa listrik dan air. Kini Ibu Eny telah dirawat di rumah sakit jiwa dan rumah mereka telah dibersihkan secara gotong royong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com