Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Haru Sejumlah YouTuber Bersihkan Rumah Terbengkalai Tiko dan Ibu Eny

Kompas.com - 05/01/2023, 20:47 WIB
Cynthia Lova,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah YouTuber bergotong royong membersihkan rumah Ibu Eny dan Tiko (23) di kawasan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur.

Sebelumnya diberitakan, Ibu Eny dan Tiko tinggal di sebuah rumah megah tetapi terbengkalai dan tidak terawat.

Rumah tersebut kotor, penuh debu, dan tanaman yang tidak terurus. Rumah itu juga gelap karena aliran listrik sudah diputus cukup lama.

Rumah yang masih dihuni oleh Tiko dan Ibu Eny itu viral setelah salah satunya ditampilkan Irfan Jayani melalui akun YouTube-nya Bang Brew TV.

Youtuber itu semula hendak membuat konten mengenai rumah kosong yang tak berpenghuni. Namun dia justru mendapati bahwa rumah itu didiami seorang perempuan paruh baya dan anaknya.

Rumah Tiko tak terawat sejak tahun 2010. Tiko merawat sang ibu yang mengalami gangguan jiwa sejak usianya masih 12 tahun.

Baca juga: Awal Mula Viral Kisah Tiko yang Rawat Ibu Eny di Rumah Terbengkalai

YouTuber tergerak membantu

Di kanal YouTube-nya, Irfan mengatakan, ia dan YouTuber lainnya berkumpul untuk bergotong royong membersihkan kediaman Ibu Eny dan Tiko.

Para YouTuber tersebut masing-masing tampak sapu, kain pel, dan beberapa perlengkapan lainnya untuk membersihkan rumah Tiko dan Ibu Eny.

“2 Januari 2023, cuy. Sesuai apa yang kita bicarakan kita kerja bakti akhirnya terlaksana nih, mudah- mudahan lancar ya,” ucap Irfan seperti dikutip di kanal YouTube-nya, Kamis (5/1/2023.

Baca juga: Kisah Rumah Mewah Ibu Eny yang Terbengkalai dan Tiko yang Setia Rawat Ibunya

“Gue enggak sendirian teman-teman karena mungkin ramai dibicarakan di media sosial. Akhirnya berkumpul semua cui youtuber gue enggak tahu genrenya apa tapi ramai banget dapat bantuan,” lanjut Irfan.

Irfan beberapa kali mengatakan dia merinding banyaknya orang yang mau berpartisipasi di kegiatan sosial tersebut.

“Ramai banget gue merinding banget sumpah. Masyarakat, Pak RT, mas YouTuber dari berbagai genre kumpul semua merinding sumpah,” kata Irfan.

Bahkan, tak hanya YouTuber di Jakarta, melainkan YouTuber dari daerah pun berkumpul bersama membersihkan rumah Tiko dan Ibu Eny.

Ia bersyukur Ibu Eny dan Tiko kini mendapat banyak pertolongan dari berbagai pihak.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com