Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RM BTS Sesalkan Privasinya Diekspos ke Publik, Hapus Foto Kunjungan ke Kuil

Kompas.com - 05/01/2023, 11:19 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

Sumber Koreaboo

KOMPAS.com - Beberapa media Korea melaporkan tentang kunjungan RM BTS ke Kuil Hwaeomsa di Gunung Jirisan pada 5 Januari 2022.

Meskipun RM BTS mengunggah fotonya saat kunjungan ke kuil di Instagram, penggemar terkejut melihat media mengutip kepala kuil, biksu yang menghabiskan beberapa waktu berbicara dengan RM tentang urusan pribadinya.

Ada dua sorotan artikel yang muncul usai RM mengunjungi kuil, yakni RM telah mendonasikan 500 tas setiap tahun ke Good World Charity Bank, sebuah organisasi bantuan anak-anak yang dipimpin oleh Kepala Kuil Hwaeomsa, Venerablen Deokmun.

Baca juga: RM BTS Ungkap Pesan Jin Saat Diantar Wajib Militer

Lalu, yang kedua soal perbincangan RM dengan biksu Deokmun tentang wajib militer dan kemungkinan BTS lepas dari wajib militer.

Berita tersebut tersebar ke seluruh penjuru dunia karena internet. Sementara, penggemar memuji RM atas amalnya yang tulus. Namun, di sisi lain ada penggemar yang khawatir apakah pembicaraan RM dengan biksu disiarkan atas persetujuan leader BTS ini.

RM akhirnya angkat bicara soal berita yang beredar. Dalam Instagram Story-nya, RM mengunggah tangkapan layar soal pemberitaan tentang dirinya.

Baca juga: RM BTS Bicara soal Album Solo Indigo

Ia menyayangkan adanya pemberitaan tersebut.

Saya berterima kasih atas waktu yang dihabiskan di sana, tetapi saya tidak mengharapkan artikel tentang itu,” tulis RM di Instagram Story-nya dikutip dari Koreaboo, Kamis (5/1/2023).

Dalam Instagram Story berikutnya, RM mengatakan bahwa ke depannya ia akan menyembunyikan kedatangannya ke kuil. Dia juga menyelipkan tagar #lowkeymustbelowkey.

Lain kali saya akan melakukan kunjungan diam-diam ke kuil yang berbeda,” lanjut RM.

Baca juga: Lirik dan Terjemahan Lagu Yun (with Erykah Badu), Singel Baru RM BTS

Tak hanya mengunggah ungkapan kekecewaannya, RM tampaknya juga menghapus semua unggahan yang menyertakan kunjungannya ke kuil.

Penggemar ikut bereaksi dan setuju atas pendapat RM. Menurut ARMY, penggemar BTS, bahwa media tidak menghormati privasi RM.

Hal yang sama terjadi ketika tanggal pendaftaran wajib militer Jin bocor ke publik. Penggemar menuntut adanya privasi untuk kehidupan pribadi dari artis idola mereka tersebut.

Pada saat yang sama, penggemar juga mengingatkan satu sama lain agar tidak menyalahkan atau meluapkan amarah ke kuil maupun agama tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com