Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avatar: The Way of Water Capai 1 Miliar Dolar dalam Waktu 14 Hari

Kompas.com - 30/12/2022, 15:13 WIB
Baharudin Al Farisi,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Avatar: The Way of Water akhirnya melampaui lebih dari 1 miliar dolar AS dalam penjualan tiketnya secara global dalam waktu 14 hari.

Hal tersebut menjadikan Avatar: The Way of Water sebagai film tercepat sepanjang 2022 dalam pencapaian box office dilansir dari Variety.

Secara total, hanya tiga film yang dirilis pada 2022 ini yang melampaui angka miliaran dolar AS seperti Top Gun: Maverick (dalam waktu 31 hari) dan Jurassic World Dominion (lebih dari 4 bulan).

Baca juga: Jadi Teka-Teki, Siapa Ayah Kiri di Avatar: The Way of Water?

Sebagai perbandingan, ada 9 film yang dirilis pada 2019 yang melampaui angka lebih dari 1 juta miliar dolar AS dalam penjualan tiket secara global.

Avatar: The Way of Water merupakan yang tercepat mencapai sasaran sejak Spider-Man: No Way Home (2021) yang memakan waktu 12 hari.

Sementara, hanya ada 6 film dalam sejarah perfilman yang menghasilkan lebih dari 1 miliar dolar dalam dua minggu pertama sejak perilisannya.

Adapun sekuel film Avatar garapan sutradara James Cameron ini pertama kali hadir di bioskop seluruh dunia pada pertengahan Desember 2022.

Baca juga: 10 Hari Tayang, Avatar: The Way of Water Raup Rp 13,3 Triliun

Sejak perilisan perdana, Avatar 2 meraup 134 juta dolar AS dalam penjualan tiket di Amerika Utara dan 435 juta dolar AS secara global. Hal tersebut menjadi daya tarik besar film tersebut.

Sejauh ini, Avatar 2 menghasilkan 317,1 juta dolar AS di Amerika Utara dan 712,7 juta dolar AS di luar negeri. Angka tersebut menjadikan penghitungan globalnya menjadi 1,025 miliar dolar AS.

Angka ini melampaui Jurassic World Dominion sebagai film berpenghasilan kotor tertinggi kedua tahun ini dan tertinggi ketiga di era pandemi Covid-19.

Sementara itu, Avatar 2 diprediksi bakal tetap kuat di tahun baru.

Baca juga: Avatar: The Way of Water Masih Rajai Bioskop Hollywood Saat Libur Nataru

James Cameron memperkirakan film yang dianggarkan 350 juta dolar AS (tidak termasuk 100 juta dolar AS untuk biaya pemasaran) itu setidaknya perlu menghasilkan sekitar 2 miliar dolar AS untuk mencapai titik impas, meskipun analis yakin ambang profitabilitas mungkin mendekati 1,5 miliar dolar AS.

Adapun Avatar pertama dirilis pada 2009 dengan mencapai penghasilan kotor tertinggi dalam sejarah senilai 2,97 miliar dolar AS di seluruh dunia.

Avatar 2 yang hadir di bioskop setelah 13 tahun dari film pertamanya akan berjuang mendekati ketinggian itu karena box office global belum sepenuhnya pulih dari pandemi.

Selain itu, China, pasar teater utama, sedang mengalami kebangkitan virus dan Rusia, wilayah besar lainnya, tidak akan memiliki akses ke film tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com